Dekat dan Dilupakan

Bagi warga kabupaten Bogor, daerah Cibinong, Citeureup, ataupun Gunung Putri mungkin banyak yang sudah tahu letaknya. Tapi kalau ditanya dimana letak daerah Cariu dan Tanjungsari, mungkin tidak semua tahu. Kabupaten Bogor memang luas, terletak antara Kota Jakarta, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur. Sehingga mungkin butuh pengetahuan yang lebih untuk menghafal nama kecamatan2 yang ada di Kabupaten Bogor ini. Kali ini saya ingin menggambarkan 2 kecamatan yang bisa dibilang terpencil, yaitu Kecamatan Cariu dan Kecamatan Tanjungsari. Letak kedua daerah ini berdekatan dan untuk Tanjungsari berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur.

Jika ingin mencapai daerah ini maka kita harus melewati Cileungsi lalu Jonggol dan sampailah kita di Cariu lalu setelah itu di Tanjungsari. Saya pertama kali tahu daerah ini dari koran lokal, saya mencoba mencari tahu dan ternyata daerah ini merupakan jalur alternatif jika ingin menuju ke Bandung jika kita tidak ingin lewat jalur Puncak.

Pada suatu saat, saya dan teman saya akan pergi ke Bandung dengan sepeda motor, kami pun memilih jalur ini daripada jalur Puncak karena alasan jarak tempuh. Memang lebih cepat lewat jalur Cariu-Tanjungsari daripada lewat jalur Puncak, dengan catatan jika cuaca sedang bersahabat. Kami berangkat dari Cileungsi sekitar pukul 06.30 WIB dan sampai daerah Jonggol sekitar 20 menit kemudian, ternyata daerah Jonggol juga bisa dibilang luas, perjalanan dari sini hingga Cariu lumayan jauh.

Akhirnya sekitar pukul 08.00 WIB, kami sampai daerah Cariu dan memutuskan membeli bahan bakar. Disarankan jika ingin lewat daerah sini, selalu isi penuh bahan bakar, karena SPBU jarang sekali kalaupun ada pedagang bensin eceran, mungkin harganya kurang bersahabat. Jalan di daerah ini bisa dibilang cukup mulus mungkin volume kendaraan yang melintas tidak sepadat daerah Gunung Putri atau Cileungsi. Pagi itu cuaca sangat cerah sehingga nampak kabut menyelimuti segala penjuru dan perlahan pudar seiring matahari yang makin meninggi.

Perjalanan terus berlanjut hingga pemandangan sekeliling perlahan berubah, dari kepadatan rumah2 penduduk sekarang menjadi pemandangan pegunungan yang sangat indah dan rumah2 penduduk juga mulai sangat jarang, semakin jauh perjalanan, jalan2 mulai dilintasi truk2 pengangkut pasir sehingga butuh perhatian ekstra dan hati-hati agar tidak terbuai pemandangan serta hasrat untuk selalu tancap gas karena aspal yang mulus. Jauh dan semakin jauh, jalan kian menanjak. Dan akhirnya kami sampai pada daerah Tanjungsari.

Pemandangan di daerah ini semakin natural, rumah2 semakin jarang, jalanan semakin lengang sesekali hanya beberapa kendaraan yang lewat. Entah jalan ini rawan atau tidak, tapi tetap saja perasaan khawatir selalu muncul karena situasi yang sepi apalagi kalau kendaraan kita mengalami masalah, sedikit sekali bengkel, mungkin bisa dihitung dengan jari bengkel2 yang ada. Alhamdulillah ketika saya melewati jalan ini, tidak ada masalah pada sepeda motor. Perjalanan terus berlanjut hingga kami masuk ke daerah Kabupaten Cianjur lalu masuk Kota Cimahi dan akhirnya sampai di Kota Bandung.

Hikmah yang saya ambil ketika melintasi daerah Cariu dan Tanjungsari ini sangat banyak. Saya membayangkan bagaimana sulitnya penduduk sekitar jika ingin membuat SIM yang notabene harus di Polres Kab. Bogor yang terletak di Cibinong, yang sangat jauh sekali ataupun jika ingin mengurus STNK, kantor Samsat juga terletak di Cibinong. Bagaimana jika mereka ingin membeli kebutuhan hidup yang memang tidak ada di sana? Saya mengharapkan semoga kesejahteraan penduduk2 di sana bisa sama rata dengan daerah lain, sehingga mereka tidak terlupakan.

Iklan

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s