Komik Tatang S.

“Salam manis tidak akan habis bagi semua pencinta karya saya”
Masih ingat potongan kalimat diatas? Itu adalah sisipan kalimat yang ada di komik-komik karya Tatang S.
Ingat dengan nama Tatang S alias Tatang Suhenra? Komikus Indonesia ini?
Karya Komiknya memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan tokoh-tokoh pewayangan seperti Petruk, Gareng, Bagong dan Semar.
Cerita yang diangkat biasanya kisah-kisah “Urban Legend” (kisah atau mitos di masyarakat) seperti kuntilanak, pocong, genderuwo dan lain sebagainya yang memang “familiar” pada kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya namun ada juga kisah-kisah tentang surga dan neraka.
screenshoot komik
Sekarang sulit sekali yang menemukan komik ini, kalaupun ada itu mungkin koleksi lama, koleksi jaman SD. Satu hal, memang pamor komik ini sangat tinggi sebelum “invasi’ komik-komik impor. Seiring membanjirnya komik-komik impor, komik Tatang S pun seolah sirna dari peredaran.
Saya sendiri mengkoleksi komik ini sejak jaman SD (sekitar tahun 2002), sayang sekarang ini hanya tersisa satu buah saja sisanya raib entah kemana (mungkin sudah jadi abu, padahal koleksi saya dulu sangat banyak). Walaupun alur cerita yang disajikan terkesan “itu-itu saja” (ya…alur ceritanya mirip-mirip sama Power Ranger), tapi jika saya teliti lagi, ternyata membaca komik ini pada usia SD membuat suatu hal positif pada diri saya, yakni saya tidak anti dengan yang namanya membaca mulai saat itu.
Meskipun ceritanya terkesan kurang baik (tentang hantu dsb) tapi di balik itu terasa sekali manfaatnya yakni menimbulkan minat membaca sedari usia dini (usia SD) tapi sayang hal itu tidak berlaku lagi sekarang, suatu hal yang menimbulkan minat membaca sedari kecil. Ya…walaupun minat membaca bukan hanya dari komik Tatang S saja dan masih ada hal lain, seolah-olah minat membaca anak-anak sekarang lesu (ini hanya hipotesa saya yang sedikit subjektif) tapi saya yakin anak Indonesia pasti mampu menjadikan membaca sebagai sebuah kebutuhan. Memang selalu ada hikmah di setiap peristiwa.
screenshoot komik
Iklan

2 pemikiran pada “Komik Tatang S.

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s