Copy Paste

Googling merupakan suatu hal yang “tidak bisa dihindari” oleh pengguna internet. Untuk mencari hal apa saja, cara ini merupakan “jurus ampuh” untuk mendapat apa yang dicari.

Ada hal menarik (tulisan berikutnya adalah pengalaman pribadi). Ketika Googling untuk mencari suatu informasi, dengan hasil pencarian yang “segambreng” kalau diperhatikan lebih jauh, biasanya konten hasil “Googling-an” kita isinya mirip (baca: sama) satu sama lain.

OK deh, to the point.

Informasi/berita hasil Googling memang banyak yang sama antara situs/blog satu dengan yang lain. Yah, beginilah negeri ini, masih ada saja orang tidak bertanggung jawab melakukan sesuatu yang istilah gaulnya “copas” alias copy-paste atawa terjemahan bebasnya (agak lucu juga sih) salin-tempel. Udah gitu, keabsahan sumber dari suatu berita/info tertentu ga jelas akibat Copas berantai, yaitu copas dari situs A di-copas lagi di situs B, begitu seterusnya. Mungkin kita juga sering mampir di blog yang isinya cuma Copas semua. Cape deeeeh…

Yang nulis blog ini, aktivis anti Copas, ya?

Eits…Bukan-bukan, slow dulu. Fenomena yang membudaya ini memang ga ada habisnya buat dibahas. Apalagi jaman modern yang serba bebas ini, segalanya serba bebas tapi dengan batasan tanggung jawab yang dipertanyakan. Kayanya emang belum ada aturan yang explisit bagi para pengguna internet untuk melarang Copas. Saya ga anti Copas, tapi alangkah baiknya sebagai bangsa yang menjunjung tinggi adab timur, kita bertanggung jawab, kalau mau Copas ya minimal cantumin sumbernya atau beri review buat penulis ataupun review atas berita/artikel yang mau di-copas.

Saya, Anda, Kita, Mereka, Kalian, Semua bisa!!!

Menghargai suatu karya itu adalah hal mulia, kita tidak tahu “pengorbanan” apa yang dilakukan untuk menulis suatu artikel. Misalnya saja suatu artikel isinya tentang penelitian yang butuh riset berbulan-bulan dan di-Copas mentah-mentah hanya dalam hitungan menit. Oooooww… It’s hurt..

Ayo Indonesia..We Can If We Want

Iklan

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s