Me and English – part 1

Kata temen-temen saya di SMP dan SMK (terakhir di kampus), kemampuan saya menyerap pelajaran bahasa linggis Inggris lumayan bagus (katanya lho ya). Apa benar demikian? Saya juga bingung menjawabnya. Rasanya menyerap pelajaran yang satu ini tidak ‘seheboh’ menyerap pelajaran Fisika atau Ekonomi seperti sekarang. Hmmm, Teuing ah, saya ga terlalu mikirin pertanyaan itu.
Katanya saya itu makan apa sih sampai bisa kaya gitu. Dengan sedikit ngawur saya jawab aja, bakar tuh buku bahasa Inggris, seduh abunya dan minum. Ya, ini memang ngawur makanya jangan dicontoh.
Baiklah ki sanak di blog ini (jawaban yang saya utarakan juga ketika mereka bertanya seperti itu) akan saya sedikit share apa yang suka saya lakukan biar katanya bahasa Inggrisnya bagus.
#1. Faster? Better
                Seingat saya dulu di jaman SD (kurun waktu 1998-2004), tidak ada pelajaran bahasa Inggris yang sedemikian intensif seperti saat ini (saya bandingkan dengan pelajaran keponakan saya yang juga satu almamater sama saya). Saat itu bahasa Inggris (seingat saya) diajarkan mulai kelas 4 berbeda dengan keponakan saya yang sejak kelas 1 sekarang sudah ‘mengunyah’ pelajaran itu
Ketika saya kelas 5 ada ajakan untuk mengikuti les bahasa Inggris dan entah kenapa saya setuju untuk ikut (mungkin saat itu khilaf.heheJ).  Dan singkat kata, mendaftarlah saya di lembaga les 03’s English Course Gunung Putri, Kab.Bogor. Biayanya sangat murah hanya lima belas ribu rupiah untuk registrasi, itu juga sudah termasuk iuran bulan itu dan selanjutnya hanya bayar iuran bulanan sebesar sepuluh ribu rupiah plus sepuluh ribu lagi untuk modul. Tunggu, jangan menduga tarif segitu mengabaikan kualitas, tarif yang tiada tandingan dibandingkan lembaga les komersil lainnya. Saya sangat keberatan jika ada yang bilang 03’s kurang berkualitas, karena apa yang saya dapat saat ini bermula dari 03’s. Pemilik lembaga itu, Mr. Sutojo BA (halo pak apa kabar?, hope you read this) sekaligus pengajarnya memiliki suatu dedikasi yang tinggi dalam memberikan ilmu, murni knowledge-oriented bukan money-oriented. Sehingga ketika mengajar betul-betul dari hati (hal yang tidak pernah saya lupakan hingga sekarang) ditambah lagi gaya mengajar yang khas yang saat ini juga saya masih ingat ketika beliau menerangkan: “This is mine, that is yours”. Ugh, sangat sentimentil.
Saya dapat menerima materi yang diajarkan dan Alhamdulillah saya bisa mendapat peringkat 3 besar di 03’s sehingga saya dapat beasiswa dengan tidak membayar iuran bulanan selama beberapa bulan. Standing applause for you sir if you are standing in front of me. And everything I’ve got in English I would thank to you first.
Les di 03’s bertahan hingga saya lulus SD dan ketika masuk SMP saya terpaksa berhenti karena jadwal SMP saya saat itu adalah siang hari bentrok dengan jadwal les. Dan di SMP saya keluarkan apa yang saya dapat di 03’s itu dan terus berkesinambungan hingga sekarang.
Artinya untuk poin yang pertama ini, mulai sejak dini untuk berlatih bahasa Inggris apabila ditambah dengan les/kursus bahkan lebih baik.
Itulah poin pertama yang ingin saya bagikan, saya tidak bermaksud sombong sedikit pun dengan tulisan ini karena saya murni hanya ingin berbagi semangat.
OK. Tunggu kelanjutannya di tulisan berikutnya. Stay tune on my blog
Iklan

7 pemikiran pada “Me and English – part 1

  1. Nah kalo saya ngabur noh pas jadwal les bahasa Inggris, sumpah meski knowledge-oriented juga, tapi menurut gw cara pengajarannya sadis abiz, meski sebenernya banyak yang cepet bisa dengan metode ini, tapi gw nya aja ngawur kmana2 😀

    dan metode paling asyik buat gw sekarang adalah dengan menghafalkan lagu 🙂

  2. wah, hebat sdh bisa cas cis cus sejak sd..:)
    saya saja sampe skrg kerja di negeri arab pun masih belepotan english nya…errr..

    good posting, kang…inspiring
    salam sama penghuni gunungputri!

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s