Mahasiswa A Hunter

sumber
Judul di atas dibaca ‘mahasiswa ei hanter’, yang berarti “Mahasiswa Pemburu A”. So, what is the maksud? Maksudnya adalah mahasiswa yang ‘memburu’ nilai A pada setiap mata kuliah yang dilahapnya.
 
Nilai A (baik A-, A, A+) sudah pasti diidam-idamkan bagi setiap mahasiswa yang ada di kolong langit. Karena nilai A menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan menguasai mata kuliah. Walaupun nilai tidak 100% merepresentasikan apa yang didapat dari perkuliahan, karena bisa saja nilai itu didapat dari cara-cara ilegal. 
 
Akan tetapi nilai seolah sudah menjadi acuan baku, padahal bisa saja mahasiswa yang nilainya amburadul kaya saya pada suatu mata kuliah, sebenarnya hanya “terlambat mengerti” bukan “tidak mengerti” sehingga saat ujian, belum menguasai materi sepenuhnya dan akhirnya mampu menguasai materi setelah ujian.
 
Yah, semoga saja saya dan anda yang masih makan bangku kuliah ga selamanya begitu.hehe
 
Sedikit curhat cucur haneut , setelah melewati semester perdana sebagai seorang mahasiswa. Cie, mahasiswa. Mahasiswa yang awalnya saya anggap keren, ilmunya mantep, keren, dsb dan nyatanya setelah menyandang status mahasiswa ternyata anggapan saya itu berkesimpulan: “eta mah kumaha SDM na, ari kehed mah kehed” (tergantung dari SDMnya, kalo orangnya dodol ya tetep aja dodol-red).
 
OK, kembali ke topik hidayat. Nilai saya pada semester ini, Alhamdulillah lumayan daripada lumanyun, dengan beberapa nilai A yang entah kenapa ada di KHS saya, sehingga IPK yang terbentuk daripada akumulasi penilaian atas aktifitas perkuliahan di semester awal ini sungguh baik. Preet ahhh…ga betah nulis bahasa model barusan.hehe. Ya, intinya bersyukur deh.
 
Kalau sedikit di review perkuliahan dari awal sampai akhir UAS, lumayan juga ngerasain yang namanya asem manis dosen yang wataknya gado-gado. Ada dosen yang sejatinya memang selayaknya dosen karena pedagogiknya bagus, ilmunya mumpuni dan ga pelit nilai serta bukan killer lecturer, lalu ada juga dosen yang rasanya baterai jam tangannya udah soak karena selalu telat ngajar selama nyaris satu semester dan banyak lagi yang lainnya. Tapi dari beraneka warna dosen itu banyak pelajaran yang bisa diambil, banyak hikmahnya buat di masa berikutnya dan banyak juga absen yang dititip.hehe
 
sumber
 
Di semester 2 ini rasanya harus bisa lebih baik lagi, adagium yang sering terdengar, “Besok harus lebih baik dari hari ini”, rasanya harus dipraktekkan meski sulit. Dan melalui blog ini, saya ingin menuliskan resolusi saya di semester 2 (well, bikin resolusi ga mesti tahun baru kan?), antara lain:
 
[1]Menyesuaikan Jam Biologis
Bukan kebutuhan biologis ya, hehe. Maksudnya jam bangun tidur. Di semester satu, saya cuma beberapa kali mesti berangkat pagi-pagi buta dalam seminggu (karena saya masih jadi komuter bolak-balik Gunung Putri-Ciputat) dan di semester dua saya harus selalu berangkat mendahului ayam berkokok.
 
[2] Lebih Rajin Baca Buku
                Poin ini yang mesti perjuangan ekstra. Rasa malas adalah sahabat yang selalu berhasil menghasut.
 
[3] Lebih Proaktif
                Proaktif pertama yaitu terkait dengan rasa inisiatif yang tinggi dalam menyelesaikan tugas. Artinya ga perlu nunggu ‘wangsit’ baru kerjain tugas.
                Proaktif kedua, yaitu proaktif dalam diskusi. Setidaknya harus lebih aktif daripada semester satu, tapi ga sampe hiperaktif nanti malah dikira cuma mau eksis aja di kelas.
 
[4] Beasiswa
                Beasiswa memang implikasinya pada nilai semester sebelumnya. Jika nilai semester satu bagus, kans buat kejar beasiswa di semester dua terbuka lebar. Dan semoga saja bisa. Optimis!
Itulah garis besarnya, yang poin lain mah nyusul aja deh. Hehe. Dan semoga saja resolusi itu awet dan saya minta kawan-kawan blogger yang baca bisa mengingatkan saya jika sedang khilaf.hehe
 
Last, buat rekan-rekan blogger, saya mohon doa biar aplikasi beasiswa saya diterima pihak kampus.
 
OK.That’s all…
 
Keep Fighting!!!
 

 

To be an “A Hunter”
Iklan

4 pemikiran pada “Mahasiswa A Hunter

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s