Ruled by Hoax

Minggu (20/11) ponsel butut saya berdering dan mendapatkan sebuah SMS dari kawan lama. Ada yang menarik di dalamnya:

KEPADA SEMUA YG BERGELAR UMAT ISLAM, HRI INI PKAR METEOROLOGI BGIAN RUSIA,pkul 3 sore kmrn MENDPATI SSUATU GANJIL LAGI YG SEPERTI NGAUMAN RAKSASA YG KE 2 KALINYA DARI BAWAH MANTEL BUMI. MENURT PARA ULAMA ITU SUARA DAJJAL YG BERUSAHA NAIK KE MKA BUMI. OLEH ITU KTA DISURUH SENANTIASA TDK BERHENTI ADZAN & SHOLAT

SIAPA YG MEMBACA INI TOLNG SEBARKN sms ini’ krim pd 20org.Jgn dipermainkan LilLahita’Ala & Demi ALLAH, ini Amanah. . .

dLm wKtu 12 jam gK d’kRim Qmu aKn mNdapt mUs!bah bRupa :
-nggk lu”s
-nggk naik klz
-d benci org
-akn sial smpai umur 48thn
AMIN_AMIN no back

(SMSnya cukup panjang hingga mencapai 4 SMS dan saya coba ketik ulang apa adanya seperti yang dikirim ke inbox saya)
Apa komentar anda? Ya, anda pasti senada dengan saya. SMS tersebut sangat meragukan. Kali ini saya akan mencoba menelisik per kalimatnya dan semoga ada hikmahnya.

“KEPADA SEMUA YG BERGELAR UMAT ISLAM, HRI INI PKAR METEOROLOGI BGIAN RUSIA,pkul 3 sore kmrn”

 Saya takkan mengomentari enam kata awal. Kata-kata setelahnya lah yang cukup aneh. Si pembuat SMS ini melakukan blunder. Perhatikan “HRI INI (setidaknya kita pakai acuan tanggal 20/11 dimana SMS ini saya terima) PKAR METEOROLOGI BGIAN RUSIA,pkul 3 sore kmrn…”. Cukup “menggemaskan” ketika si pembuat SMS mengatakan keterangan waktu adalah “hari ini” namun berubah jadi “pukul 3 sore kemarin” di kata berikutnya. That’s #1 blunder and absolutely absurd
Wow, keren nih informasinya konon dari Pakar Meteorologi Rusia. Saya googling dan mencoba cari tahu tentang badan meterologi Rusia http://wmc.meteoinfo.ru/ dan jawabannya sudah seperti yang anda duga, tak pernah info “aneh” terkait SMS ini dan yang ada hanya laporan cuaca pada umumnya. Tapi setelah saya buka situs tersebut saya malah mendapatkan wawasan baru kalau Rusia itu beneran dingin hingga mencapai minus derajat Celcius, hehe.
Kata berikutnya

 “MENDPATI SSUATU GANJIL LAGI YG SEPERTI NGAUMAN RAKSASA YG KE 2 KALINYA DARI BAWAH MANTEL BUMI.

Si pembuat pesan ini menyatakan ada sesuatu yang ganjil. Saya pun sepakat dengannya ada yang ganjil, hanya saja ada perbedaannya. Keganjilan itu adalah kata-katanya.hehe. Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena benda langit. Benda langit disini adalah matahari yang implikasinya adalah fenomena cuaca dan atmosfer di bumi (seperti hujan, dll). Jadi singkat kata Meteorologi adalah ilmu tentang bumi bagian “atas”. And we got another blunder.

SEPERTI NGAUMAN RAKSASA YG KE 2 KALINYA DARI BAWAH MANTEL BUMI.

Ngauman raksasa? Mungkin auman raksasa maksudnya. Lalu disebutkan “yang kedua kalinya”. Wow, bagaimana dengan yang pertama? Adakah yang gendang telinganya pecah mendengar auman yang pertama? Dimana lokasi auman pertama? Ya, anda mungkin sepakat lagi dengan saya bahwa ini adalah semacam efek dramatisasi agar pesan ini terkesan horor. Dan kembali, blunder ada di kata-kata berikutnya “dari bawah mantel bumi”. Seperti yang saya kemukakan sebelumnya Meteorologi adalah ilmu yang “ngurusin” bumi bagian atas (fenomena atmosfer atau langit) namun disini malah “mengurusi” bumi bagian bawah. Dan blunder berikutnya adalah auman/bunyi tersebut berasal dari mantel bumi. Dalam ilmu Geologi, dijelaskan bumi terdiri atas tiga lapisan utama yakni paling atas adalah kerak bumi (crust), lalu ada mantel bumi (mantle), dan terakhir ada inti bumi (core).
Untuk mencapai mantel bumi, maka kita harus “melewati” kerak bumi dahulu yang disebut litosfer setebal 0-70 km lalu setelah itu kita sampai di lapisan pertama mantel bumi yang disebut astenosfer mulai dari ketebalan 70-250 km. Setelah astenosfer masuk ke dalam lapisan mantel bumi berikutnya mulai dari 250-2900 km. Yang sangat absurd adalah suara macam apa yang mampu menembus jarak puluhan km (jika suara tersebut berasal dari lapisan astenosfer paling atas maka katakanlah suara dari ketebalan 70an km). Berapa biliun desibel volume suara yang diperlukan dari sumber yang katanya dari mantel bumi hingga mampu terdengar di kerak bumi? Again, another blunder.

MENURT PARA ULAMA ITU SUARA DAJJAL YG BERUSAHA NAIK KE MKA BUMI.

Sayangnya tidak disebutkan siapa saja ‘ulama yang berpendapat bahwa itu adalah Dajjal. Jika seandainya tidak ada ‘ulama yang menyatakan seperti itu, sangat disayangkan si pembuat pesan sudah berbohong mengatasnamakan ‘ulama.

Terkait Dajjal sendiri, dalam pesan ini tersirat bahwa Dajjal digambarkan seoah seperti monster dalam serial Ultraman atau Power Ranger. Benarkah? Mari kita klarifikasi dari sumber yang sangat terpercaya yakni sabda Rasulullah Muhammad Saw.

  • Hadis riwayat Anas bin Malik ra. ia berkata: 

Rasulullah saw. bersabda: Tidak seorang nabi kecuali ia telah memperingatkan kaumnya terhadap sang pendusta yang buta sebelah mata. Ketahuilah bahwa Dajjal itu buta sebelah matanya sedangkan Tuhanmu tidak buta sebelah mata dan di antara kedua matanya tertulis “kaaf”, “faa”, “raa”. (Shahih Muslim No.5219)

  • Hadis riwayat Hudzaifah ra., ia berkata: 

Rasulullah saw. bersabda: Dajjal itu buta mata kirinya, berambut lebat, ia membawa surga dan neraka, nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka. (Shahih Muslim No.5222)

  • Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata: 

Rasulullah saw. bersabda: Inginkah kamu sekalian aku beritahukan tentang Dajjal, suatu keterangan yang belum pernah diceritakan seorang nabi kepada kaumnya? Sesungguhnya ia buta sebelah mata, ia datang dengan membawa sesuatu seperti surga dan neraka. Maka apa yang dikatakannya surga adalah neraka dan aku telah memperingatkan kalian terhadapnya sebagaimana Nabi Nuh telah memperingatkan kaumnya. (Shahih Muslim No.5227)

Itulah gambaran fisik-yang sementara ini saya ketahui-dari Dajjal. Saya belum mendapati gambaran lain selain di atas yang mengatakan bahwa Dajjal itu seperti monster raksasa yang mencoba berontak dengan mengeluarkan suara dahsyat dari mantel bumi. Wallahua’alam. Namun terkait Dajjal ini yang patut kita garis bawahi adalah bahaya fitnah-fitnahnya.
  • Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:

Aku mendengar Rasulullah saw. selalu memohon perlindungan dari fitnah Dajjal dalam salatnya. (Shahih Muslim No.923)

Fitnah yang sudah nampak disekitar kita. Apa saja fitnahnya? Mari kita simak sabda Rasulullah Saw berikut:

  • Hadis riwayat Hudzaifah ra., ia berkata:

Rasulullah saw. bersabda: Dajjal itu buta mata kirinya, berambut lebat, ia membawa surga dan neraka, nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka. (Shahih Muslim No.5222)


Mungkin cukup untuk pembahasan terkait Dajjal tersebut karena ilmu saya sangatlah terbatas mengenai hal ini. Kita coba kembali membahas mengenai pesan SMS yang saya kemukakan di awal.

Next,

OLEH ITU KTA DISURUH SENANTIASA TDK BERHENTI ADZAN & SHOLAT

OK, dari bagian ini saya menangkap maksud SMS ini adalah ajakan kebaikan. Namun amat disayangkan jika caranya harus diawali dengan narasi yang penuh keraguan. Padahal masih banyak cara yang lebih baik dan bijaksana ketimbang harus membuat rangkaian narasi yang penuh tanda tanya.

Last part,

SIAPA YG MEMBACA INI TOLNG SEBARKN sms ini’ krim pd 20org.Jgn dipermainkan LilLahita’Ala & Demi ALLAH, ini Amanah. . .

dLm wKtu 12 jam gK d’kRim Qmu aKn mNdapt mUs!bah bRupa :
-nggk lu”s
-nggk naik klz
-d benci org
-akn sial smpai umur 48thn
AMIN_AMIN no back

Inilah kata-kata saktinya “tolong sebarkan” apalagi terkesan menakutkan ketika si pembuat pesan bersumpah atas nama Allah Swt. Padahal sangat disayangkan  jika bersumpah atas sesuatu yang kevalidannya dipertanyakan. Dan terakhir, the most absurd part of this message, adalah kenapa harus 20 orang? Kenapa bukan sebanyak kontak di ponsel kita? Lalu “jika dalam kurun waktu 12 jam tidak disebarkan, maka ada ancaman tidak lulus, tidak naik kelas, dibenci orang, dan sial sampai umur 48 tahun”. Bagian ini lebih mirip ultimatum di poskamling atau rumah Pak RT. Dan yang menyedihkan, bagi orang yang percaya begitu saja mungkin akan ketakutan membaca bagian ini. Tapi bagi kita yang kritis, no way! Ke laut aje lo
Jika anda bertanya-tanya kenapa saya sampai niat banget bikin posting kaya gini, sebenarnya ini secercah (tsaaaah) keprihatinan saya atas mudahnya pesan-pesan baik SMS, Broadcast Message, email yang memuat berita hoax seperti ini. OK, di atas saya sempat menduga bahwa pesan seperti ini ada yang memuat nilai kebaikan namun yang amat sangat disayangkan adalah caranya yang sangat kontraproduktif.
Sebenarnya banyak sekali hoax yang beredar di masyarakat. Hoax yang saya bahas ini pun setelah saya Googling sebenarnya ada dari beberapa tahun yang lalu. Kesimpulannya, semoga kita menjadi pribadi cerdas yang selalu kritis atas informasi yang beredar di masyarakat dan tidak mudah percaya begitu saja hoax yang beredar lantas menyebarkan begitu saja tanpa pernah ada pertanggungjawaban isi pesannya.
sumber: balimulia.wordpress.com
Referensi:
– Slide .ppt Mata Kuliah Geologi
– Wikipedia
– Aplikasi Hadits Web 3.0
Iklan

22 pemikiran pada “Ruled by Hoax

  1. ane ga pernah percaya sama sms yg bertuliskan “tolong sebarkan” n ngancem “ga bakal naik / ga bakal lulus apa lg bakal kena sial” lagian itu sms tulisannya ky orang alay yg nulis -,-

  2. Aaahhh paling gak suka deh dapet sms kayak gini.. dan yg kirim sms itu kayak gak ada kerjaan aja.. pokoknya kesel dan benci.. kayak doain kita yg jelek2 aja >_<

  3. haha…lol..but I like this post..I think si pmbuat sms cuman pengen eksist n narsis tuuh.kyknya si pmbuat sms itu obsesi jd ulama nd scientist deh tp salah konsep smua haha….
    well..thanks for info 😀

  4. haha…lol..but I like this post..I think si pmbuat sms cuman pengen eksist n narsis tuuh.kyknya si pmbuat sms itu obsesi jd ulama nd scientist deh tp salah konsep smua haha….
    well..thanks for info 😀

  5. Alhamdulillah,
    Terima kasih kawan atas infonya yg mencerahkan, kmrin sya jga dpt sms mirip kyk gni.
    Smoga Allah SWT mengampuni dosa pembuat smsnya aamiin.

  6. @Ad Ln Pt: mungkin semacam makhluk ET dari spesies Al4y.hehe

    @Agam TrueBlue: ya, begitulah..cukup jadi bahan pembelajaran aja *lho

    @Workshop Bisnis Online: salam hangat, salam dahsyat, terima kasih atas kunjungannya

    @Majalah Masjid Kita: mantel itu hanya istilah saja mas, fisiknya seperti magma yang cair dan puaaanas 🙂

    @niee: dan kita doakan saja yang ngirim atau yang buat supaya cepet sukses 😀

    @Anonim: ya, semacam iseng yang menyesatkan

    @Fera P.R.: ya, kita doakan saja semoga yang mengirim apalagi yang membuat jadi ulama dan ilmuwan beneran

    @Anonim: amin. semoga bermanfaat

  7. TAI . . MASIH PERCAYA SAMA YANG BEGITUAN ???
    DASAR ORANG INDONESIA BISANYA TUH CUMA MENEBAR PESONA, PALING-PALING ORANG ISENG YANG KAGAK ADA KERJAAN.
    HAHA . . . GIMANA IQ ORANG INDONESUA MAU TINGGI KALO MASIH PERCAYA SAMA YANG BEGINIAN ??

  8. kali ini aku yg dpet….
    busyet,,,, dajjalnya emang dpenjara ya ampek meronta2???
    mana milih lg ma temen…
    masa cuman 20 org??? ntr yg laen iri lg,hehehe….

  9. aku pun barusan dpt via bb.. dan spt biasa… kucuekin aja… ga percaya yg begituan…
    tapi lgsg googling sih cari kebenarannya… eh mampir ke blog ini.. 🙂

  10. Makasih mas atas infonya. Aku td jg dpt sms jd bingung s endiri.Mknya nyari2 info kebenarannnya. Keliatan bodoh yg bikin smsnya

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s