Lagu dan Ingatan

haters gonna hate whistling

“Lumpuhkanlah ingatanku… hapuskan tentang dia”

Hasyem… Sejak kapan gue jadi demen lagu Geisha?

OK, gaes, pernahkah kalian merasakan ketika mendengar suatu lagu lalu tiba-tiba ingat suatu tempat yang tidak bisa dilupakan? Jadi maksudnya seolah suatu tempat punya soundtrack tersendiri.

Misal kalian dengar lagu-lagunya Haddad Alwi feat. Sulis, kalian langsung teringat masjid di kampung.

Atau ketika kalian dengar lagu Oplosan, kalian langsung ingat masa lalu #eh.

Kalau pernah berarti kalian, sama seperti saya, punya sensitivitas yang lumayan tentang berpikir asosiatif. Berpikir asosiatif adalah cara mengingat suatu hal dengan mengkaitkannya dengan suatu hal yang unik. Misal dengan kalimat atau musik. Setidaknya itu yang pernah saya baca dari buku Quantum Series-nya Toni Buzan.

Apakah patut disombongkan? Ya, ga gitu juga sih. Sombong atau tidak kembali ke perangai masing-masing. Tapi kadang berpikir asosiatif menjadi hal yang terjadi di alam bawah sadar. Ketika dengar lagun A langsung galau ingat B, ketika dengar lagu X langsung ketawa ga karuan karena ingat suatu kejadian, et cetera, et cetera.

Ga afdol rasanya kalo ga ceritain pengalaman sendiri ya? Tapi please, jangan dibully karena golongan darah O kalo dibully itu suka sensitif #ups.

Berapa banyak lagu yang ketika saya dengar punya asosiasi dengan kejadian tertentu? Jawabannya banyak, kalo saya sebut semua nanti rentan dibully. Beberapa aja ya.

Pertama, lagu Dance Dance dan Thnks Fr Th Mmrs (baca: Thanks for the memories; sumpah, tulisan resminya begitu). Lagu ini milik band Fall Out Boy. Lagu ini mengingatkan suka duka saya ketika masih PKL di industri keramik secara saya kan anak SMK.hehe.

Kedua, lagu Linkin Park yang berjudul Until It’s Gone. Lagu ini mengingatkan suka duka juga ketika PPL di sebuah SMA secara saya kuliah di fakultas keguruan.

Ketiga, lagu Kisahku gubahan band bernama Radictive. Ga tau Radictive? Wajar sih, itu band kecil-kecilan zaman saya masih sekolah dulu.hehe. Tentu lagu ini mengingatkan saya tentang masa putih abu-abu yang penuh warna-warni.

Keempat, lagu Rocket Rockers judulnya Ingin Hilang Ingatan mengingatkan tentang…ah, sudahlah.huhu

forever alone with wordsO ya, satu hal lagi, lagu-lagu yang didengar itu bukan soundtrack dari sebuah film. Kalo soundtrack film mah sudah pasti gampang diingat. Ini sementara dikecualikan.

Jadi, buat kalian, lagu siapa saja yang mengingatkan kepada kejadian tertentu?

Follow yuk @ardiologi

 34

Iklan

3 pemikiran pada “Lagu dan Ingatan

  1. sama brooo, biasanya kalau sering dengeri lagu tertentu di tempat yang mungkin sudah lama tidak di datangi, maka sekali ke tempat itu lagu-lagu tersebut langsung terngiang2 di kepala.
    baju baru unik—————-> pammadistro.blogspot.com

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s