Hanya Kagum?

Di tetralogi Laskar Pelangi gubahan Andrea Hirata, selain penceritaan tentang kisah persahabatan yang apik, ada kisah dimana Ikal sangat kagum dan “tergila-gila” dengan A Ling. Hal ini sampai Ikal melakukan beragam hal konyol agar bisa dekat dan terus bersama A Ling.

Lain lagi di trilogi Negeri 5 Menara, sang tokoh utama, Alif, pada pertengahan masa nyantrinya kagum terhadap sosok Sarah, putri dari Kyai Rais, pengasuh pondok. Kekagumannya sampai pada poin dimana Alif dan Sarah melakukan backstreet dan pergi berdua. Jelas, sesuatu yang sangat kurang baik dalam pergaulan dunia pesantren.

Tapi saya sendiri, tentu tidak sampai bisa melakukan hal tersebut. Malu? mungkin tapi saya sadar hal-hal semacam itu hanya akan membuat suasana tidak jelas dan hanya menguntungkan dalam jangka pendek, tidak untuk jangka panjang.

Entah ini adalah kekaguman semata atau bukan. Dalam posisi seseorang yang sudah berkepala dua, jelas, “sensasi” seperti ini sangat wajar. Jika ini sebuah kekaguman belaka, maka suatu hari jika kita menemukan hal yang negatif pada diri orang yang kita kagumi kemungkinan kekaguman kita berangsur-angsur hilang.

Tapi

Bagaimana jika setelah mengetahui hal negatif yang muncul namun rasa kagum semakin bertambah.

Entah apa namanya? Cinta? Entahlah. Saya hanya bisa diam dan bersembunyi di balik bayangan sambil menerka-nerka jawabannya ketimbang harus melakukan beragam hal konyol sebagaimana tingkah Ikal atau Alif.

Ada pepatah mengatakan “menulis itu merapikan kenangan”.

 IMG_20140822_075340

Dengan tulisan ini, suatu hari yang entah kapan, saya ingin membuktikan apakah ini hanya kagum atau lebih dari sekedar kagum.

Semoga tulisan ini bisa menjadi bukti untuk merapikan kejadian hari ini untuk masa yang akan datang yang masih misterius.

Iklan

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s