Cara Membuat Capo Gitar Sederhana

sumber: pemaingitar.wordpress.com

Siapa yang tidak kenal alat musik berdawai 6 ini. Bunyinya yang indah dan bisa menetralisir galau (atau bahkan menstimulus galau :mrgreen: ). Gitar pun cukup terjangkau dari segi harga (dibanding beli saxophone misalnya :D). Selain itu gitar pun cukup mudah dipelajari. Nah, dalam bergitar sendiri tentu ada tingkatan penguasaan / skill dari permainan, dari yang paling beginner yakni hafalin kunci dasar dan dipraktekkan dengan memainkan lagu yang kuncinya tidak njelimet (misal berpola Em C G D). Lalu ke tahap berikutnya bisa memainkan kunci yang lebih sulit (misal B#m7 Dsus A7, dll).

Nah, dalam satu tahap permainan gitar, ada satu bagian dimana tuning gitar standar (e B G D A E) berubah sesuai kebutuhan lagu. Jika harus tuning atau stem ulang gitar ke tuning yang tidak standar tentu akan merepotkan dan tidak efisien. Oleh karena itu, dipergunakan satu alat yang bernama capo. Capo adalah alat yang dijepitkan pada gagang gitar (fretboard).Β Penempatannya pun disesuaikan dengan kebutuhan lagu yang akan dimainkan

Capo Gitar – sumber: alfami.blogdetik.com

Tentu jika membeli capo yang asli harganya lumayan. Oleh karena itu, biasanya gitaris kreatip (pake p) menggunakan pensil sebagai capo alternatif.

Capo alternatif dari pensil dan karet – sumber: wikipedia.org

Tapi capo menggunakan pensil dan karet memilki kekurangan (menurut pengalaman pribadi), yakni semua senar tidak terjepit sempurna sehingga bunyinya pun jelek. Hal ini karena ikatan dari karet malah cenderung membengkokkan pensil di masing-masing ujungnya. Oleh karena itu, saya akan share bagaimana cara membuat capo gitar sederhana menggunakan klem/penjepit rautan pensil.

Bahan yang diperlukan:

1. Klem/Penjepit rautan pensil (klem/penjepit ini biasa terdapat di rautan pensil yang modelnya ditaruh di tepi meja).

image

Klem/Penjepit Rautan Pensil

2. Pensil (pakai yang bekas aja dan jangana terlalu panjang)

image

Ini pensil bukan mintz :mrgreen:

Cara pemasangan:

Pasang sesuai dengan ilustrasi pada gambar di bawah ini.

image

Pemasangan Capo

image

chord G di Capo on 2nd (bunyi nadanya sama dengan A di tuning standar)

Hasil:

Capo alternatif dari klem/penjepit rautan pensil ini sukses menjepit senar tanpa ada bunyi senar yang mati dan sudah saya buktkan dengan memainkan lagu Ibu milik Iwan Fals (Capo on 2nd), lagu Bizzare Love Triangle milik Frente (Capo on 1st), dan beberapa lagu lain.
Selamat mencoba, jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.
Iklan

23 pemikiran pada “Cara Membuat Capo Gitar Sederhana

  1. Sangat membantu! haha, saya biasanya pake pensil karet, dan iya… gak ketekan semua, makin lama makin karetnya kendor.
    Pertanyaan saya palingan, rautan pensil gitu harganya kisaran berapa ya? πŸ˜›

    • betul demikian,

      pertimbangannya klem ada di bawah supaya lebih menekan senar 1st karena umumnya tensinya lebih keras dibanding senar 6th atau senar bagian atas

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s