Do Not Go Gentle Into That Good Night

image

Dylan Thomas - sumber: izquotes.com

Ketika menonton film epik gubahan Christopher Nolan yakni Interstellar, saya perhatikan ada kutipan dialog yang cukup memorable, yakni:

Do not go gentle into that good night…
Rage, rage against the dying of the light

Kutipan tersebut juga secara tak sengaja saya dengar di film The Rundown yang dibintangi Dwayne Johnson a.k.a The Rock. Kutipan tersebut ternyata adalah penggalan puisi milik Dylan Thomas di tahun 1951. Ketika dicari di Google pun, kutipan ini cukup terkenal. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya desain gambar yang variatif dengan tipografi yang menggunakan kutipan puisi tersebut.

Entah kenapa, sepertinya semesta seperti mengarahkan saya untuk “bertemu” dengan kutipan tersebut. Secara historis, menurut Wikipedia, puisi tersebut dibuat Dylan Thomas tatkala orang yang dicintainya semakin menua lalu meninggal dunia sehingga puisi isi dimaknai sebagai bentuk “pemberontakan” untuk terus hidup.

Namun, saya punya tafsir lain atas kutipan ini. Ketika menemukan kutipan ini di kedua film tersebut, seolah terisyaratkan bahwa saya harus terus “memberontak” dan jangan terlena dengan zona nyaman. Semoga ini “teguran” agar saya bisa fokus dan on the track dengan impian saya

Terkesan hanya seperti cocoklogi alias kebetulan yang dikait-kaitkan saja memang. Ah, mungkin juga bukan. Kadang Tuhan punya mekanisme luar biasa untuk hamba-Nya. Entahlah. Wallahua’lam bisshawab.

Posted from WordPress for Android

Iklan

7 pemikiran pada “Do Not Go Gentle Into That Good Night

  1. Sepertinya saya diarahkan oleh semesta untuk membaca postinga ini supaya berhati-hati dengan zona nyaman yang sedang saya nikmati saat ini. Nice post, Mas!

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s