Yuk Bayar Pajak (Jadian)

ilustrasi – sumber: kelilingbogor.com

Halo, lads, bagaimana kabar puasanya? Semoga semakin berkah. Saat ini, di masa pertengahan puasa, bertepatan dengan masuknya bulan Juli. Bagi beberapa orang, bulan ini adalah bulan harap-harap cemas. Ya, harap-harap cemas apakah dapat THR (Tunjangan Hari Raya) atau tidak. Juga harap-harap cemas apakah bulan syawal besok orang tua kita bisa menjadi besan atau tidak. #eaaaa

Tapi buat saya, bulan Juli ini adalah saat dimana saya harus pergi ke melaksanakan salah satu kewajiban warga negara yakni membayar pajak. Bulan ini, pajak motor sudah masuk tempo pembayaran. Berhubung tanggal jatuh tempo bertepatan pada akhir pekan, maka hari kamis (2/7) saya meluncur ke sebuah outlet Samsat yang berada di ITC Cibinong (kini namanya Cibinong Mall/Borobudur).

Sebelumnya, mungkin bagi yang belum tahu, komposusu, eh, komposisi pajak kendaraan bermotor terdiri atas:

  • PKB (Pajak Kendaraan Baru),
  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan),
  • BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Baru)
  • Biaya Administrasi

Semua biaya pajak tersebut dibayar setiap tahun dan dananya masuk ke Dinas Pendapatan Pajak setempat. Berhubung motor saya sudah memasuki pembayaran pajak entah keberapa puluh kali 😀 maka hanya membayar PKB dan SWDKLLJ.

Lokasi outlet Samsat ITC Cibinong berada di lantai 3 pojok. Letaknya tersembunyi di antara penjual ponsel. Ketika saya sampai disana sekitar pukul 10.00 WIB, antrian sudah mengular.

Adapun tata cara pembayaran pajak di outlet ini adalah sbb:

  1. Mempersiapkan persyaratan, yakni lembar STNK dan KTP asli (jika tidak ada KTP, bisa KK atau Paspor). Tips dari saya, masukkan KTP ke dalam plastik STNK sehingga tidak khawatir tercecer.
  2. Serahkan STNK+KTP tersebut ke meja pendaftaran. Tunggu hingga dipanggil. Jika telah dipanggil, kita akan diberikan nomor urut.
  3. Simpan baik-baik nomor urut tersebut. Selanjutnya tunggu kembali hingga nama kita dipanggil oleh loket pembayaran. Siapkan juga uang pembayaran pajaknya. Di outlet ini, pembayarannya tunai. Saya tidak melihat adanya mesin EDC ataupun mode pembayaran nontunai lainnya.
  4. Setelah nama dipanggil (dipanggil per sepuluh nomor urut), serahkan uang pembayaran ke petugas.
  5. Tunggu lagi hingga nama kita dipanggil oleh loket penyerahan. Cek kembali STNK beserta SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) yang baru. Jangan lupa, pastikan KTP atau identitas asli dikembalikan.
  6. Keluar dari outlet dan beli plastik STNK seharga Rp2000 di meja pendaftaran.
  7. Selesai

Dari proses-proses di atas, waktu tunggu paling lama ada di nomor 2 dan nomor 3. Disini karena antrian sudah mengular, saya menunggu hampir 30 menit di meja pendaftaran dan 30 menit di loket pembayaran. Kalau untuk menunggu di loket penyerahan, tidak sampai 5 menit.

Ternyata outlet Samsat di ITC Cibinong/Mall Cibinong/Borobudur ini buka selama 7 hari. Untuk Senin-Jumat dari pukul 08.00 – 14.00 WIB. Sedangkan akhir pekan, dari pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Semoga info ini bisa memberi informasi bagi kawan-kawan yang ingin bayar pajak jadian kendaraan dan tidak harus melalui perantara mak comblang calo lagi. 😀

Iklan

3 pemikiran pada “Yuk Bayar Pajak (Jadian)

  1. Setuju, kalau mau mengurus sendiri pasti akan jauh dari yang namanya urusan calo, meski birokrasi di tempat kita ini masih agak lama jadi mesti agak rela untuk menunggu lama ya Mas :hehe. Masalah saya kalau menyamsat begini pasti kadang ada syarat yang kurang jadi sudah mengantri panjang harus pulang lagi untuk melengkapi yang kurang-kurang :hehe.

    • Masalah saya kalau menyamsat begini pasti kadang ada syarat yang kurang jadi sudah mengantri panjang harus pulang lagi

      lah kok bisa ya?

    • Iya soalnya sebelum nyamsat biasanya tidak lihat syarat apa yang mesti dibawa :hehe :peace.

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s