Waspada Tanaman Beracun di Sekitar Rumah!

Aconitum spp, cantik tapi beracun – sumber: tootsietime.com

Memiliki pekarangan rumah yang penuh aneka jenis tanaman memang hal yang sangat baik. Selain dapat memiliki fungsi alamiah seperti menyerap air dan menyeimbangkan ekosistem, tanaman jika memiliki fungsi estetika agar rumah kita menjadi lebih sedap dipandang. Biar betah gitu… πŸ˜€

Namun perlu diperhatikan, ada beberapa tanaman yang sekiranya sedap dipandang namun memiliki sifat beracun, baik tingkat racun yang ringan maupun tingkat racun yang fatal. Apa batasan dari tingkat beracun maupun tidak beracun? Dari hasil penelusuran, saya mendapatkan klasifikasi tingkat racun dari tanaman dari situs University of California:

Toxicity Class

  1. Major Toxicity: These plants may cause serious illness or death.

  2. Minor Toxicity: Ingestion of these plants may cause minor illnesses such as vomiting or diarrhea.

  3. Oxalates: The juice or sap of these plants contains oxalate crystals. These needle-shaped crystals can irritate the skin, mouth, tongue, and throat, resulting in throat swelling, breathing difficulties, burning pain, and stomach upset.

  4. Dermatitis: The juice, sap, or thorns of these plants may cause a skin rash or irritation. Wash the affected area of skin with soap and water as soon as possible after contact. The rashes may be very serious and painful.

Dikutip dengan perubahan seperlunya, lebih lengkap silakan kunjungi link berikut: http://ucanr.edu/sites/poisonous_safe_plants/Toxic_Plants_by_Scientific_Name_685/

Secara sederhana, tingkat racun terdiri dari 4 kategori; kategori 1 paling serius dan kategori 4 paling ringan.

Nah, pertanyaannya, jenis tanaman apa saja yang biasa ada di pekarangan namun sebenarnya beracun? Pada gambar ilustrasi di awal tulisan ini, saya kutip gambar tanaman Aconitum spp dan ternyata tanaman tersebut memiliki racun level 1.

Berikut ini beberapa contohnya:

  • Sri Rejeki/Beras Wutah/Pisang Tanah

Tanaman ini memiliki nama latin Dieffenbachia amoena, berdasarkan data dari list tanaman yang memiliki racun, tanaman ini memiliki racun level 3.

  • Kuping Gajah

Alocasia sp – sumber: pinterest.com

Tanaman ini memiliki racun level 3-4

Ada yang punya contoh lain?

Terakhir, manfaat dari memperhatikan tanaman apa saja yang beracun adalah mencegah anak kecil dari rasa penasaran kemudian iseng menggigit bahkan menelan tanaman yang ada di pekarangan. Namun, jika Anda ingin mulai selektif terhadap tanaman pekarangan, list yang juga dibuat oleh University of California di link berikut http://ucanr.edu/sites/poisonous_safe_plants/Safe_Plants_by_Common_Name/ bisa Anda pertimbangkan.

Jadi, sudah (relatif) amankah tanaman di pekarangan kita?

Iklan

11 pemikiran pada “Waspada Tanaman Beracun di Sekitar Rumah!

  1. Saya kayaknya familiar dengan Aconitum soalnya pernah baca di komik Detektif Conan, Mas :haha. Tapi memang mesti hati-hati ya, terutama anak-anak yang keingintahuannya besar untuk mengunyah apa saja (oke, saya dulu pun termasuk). Itu kuping gajah ternyata juga bahaya :hehe. Terima kasih atas infonya!

  2. Kalau menurut saya, berdasarkan kimia lingkungan, suatu zat dikatakan beracun itu karena dosisnya. Kalau dia tidak beracun, pada dosis tertentu tentu saja beracun, misalnya obat maag yang diminum tidak dengan dosis yang pas bisa jadi racun bagi tubuh.

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s