Jadi Pemandu Lokal? Siapa Takut

image

Halo, lads, apa kabar? Semoga masih dan akan terus berbahagia ya.😁😁

Siapa yang suka bantu orang lain?

Kamu, ya, kamu yang lagi senyum-senyum, pasti suka kan?

Suka bantu maksudnya.

Nah, karena membantu orang lain itu dimensinya sangat umum dan banyak jenisnya, maka yang ingin saya sampaikan disini adalah membantu orang lain agar tidak tersesat. Juga membantu orang lain menyediakan informasi terkini terkait suatu tempat yang akan dikunjungi.

Coba sekarang ini, siapa yang ketika ingin pergi ke suatu tempat tapi tidak tahu rutenya lalu bertanya ke Google Maps?

Saya yakin pasti kamu, iya, kamu, yang senyumnya manis itu, pasti buka Google Maps untuk cari tahu, disamping tentu bertanya ke orang lain yang mungkin tahu.

Nah, kadang informasi yang disediakan oleh Google Maps masih kurang, misal saja tempat yang sudah pindah ataupun malah sama sekali belum tersedia di kolom pencarian.

Nah, menariknya, Google menyediakan fitur Local Guide dalam Google Maps untuk memberikan ruang kepada masyarakat umum untuk memberikan informasi dalam peta, baik review maupun menambahkan daftar tempat baru.

Ternyata, ada timbal balik ketika kita berkontribusi menjadi Local Guide di Google Maps. Di keterangan yang disediakan Google sendiri, setiap Local Guide yang berkontribusi akan mendapat poin yang diakumulasi dari item yang kita berikan, antara lain: menambahkan tempat baru, review suatu tempat, menambahkan foto suatu objek/tempat, dsb. Ketika sudah mencapai poin tertentu, kita akan mendapat badge Local Guide di akun Google kita.

Singkatnya, untuk bisa bantu-bantu orang lain di Google Maps, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Maps, bisa melalui desktop browser maupun dari aplikasi di Android
  2. Jika di Android, pilih menu “Your Contribution” – Next saja sampai kita menyatakan siap menjadi kontributor.
  3. Kita bisa mulai memberikan review dari tempat sekitar kita berada. Baik sekitar rumah atau sekitar kampus/kantor. Bisa juga tempat wisata. Klik saja suatu tempat dan berikan review.
  4. Jika ingin menambahkan lokasi baru, cukup tekan/hold lokasinya lalu add missing place. Isikan parameter yang disediakan mulai dari nama, jenis, alamat web, jam buka, dll.
  5. Jika sudah, Google akan memberikan notifikasi email bahwa penambahan tempat baru akan direview oleh tim Google. Jika review sudah diverifikasi, maka lokasi akan muncul dalam Maps dan selamat kamu mendapat +1 point.

image

Saat ini, saya sendiri baru mendapat hampir sekitar 30 point. Entah benefit apalagi yang akan diberikan Google tapi yang pasti saya melakukan ini karena senang bisa membantu sesama.

Berkontribusi dalam hal sederhana adalah awal yang baik, bukan? :):):)

Powered by WordPress for Android

Iklan

14 pemikiran pada “Jadi Pemandu Lokal? Siapa Takut

  1. Wah lumayan nih buat mengisi waktu luang. Review-review tempat, nanti dapat poin dan badge. Saya sudah ikutan :hehe, sudah review juga, tapi kayaknya belum diverifikasi soalnya poin saya belum nambah. Kira-kira berapa lama ya prosesnya? Selama ini bagaimana Mas?

    • verifikasi sama tim Google sih, sepengamatan saya, tergantung info yang kita isi di parameternya, semakin lengkap, kemungkinan semakin cepat.
      Pernah baru “add place” baru beberapa menit udah verified, kadang pernah juga nunggu beberapa hari

  2. Posting Foto tentang tempat dan menambah tempat baru (add new Bussiness) cukup membantu untuk poinr, Nilai Point didapat berdasarkan jumlah tempat, baik posting foto, review atau add new bussnis
    Saya sendiri sudah mencapai Level 3 Google Local Guide

  3. Salam kenal gan,salam kompak dan salam local guide dari kami.
    Wsslmm : sigid prayudha – yudha Local Guide 5

  4. saya baru saja menjadi lokal guides saya bukan mencari lencana atau apa yang saya inginkan kota saya lebih berwarna di Google maps dan juga dapat membantu para pendatang baru.

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s