Ada Cinta di Ketinggian: Batu (prolog)

image

Sumber Brantas, Batu, Jawa Timur

Pernah suatu ketika, saya mengunjungi tempat dan ternyata dapat sebuah kepuasan batin tersendiri. Harap dicatat, saya tidak begitu suka tempat dengan keadaan hingar bingar tak terkendali. Tempat yang cenderung tenang, sejuk, dan hijau lah yang justru saya cari.

Terakhir merasakan seperti ini, tahun 2012, di hulu Citarum, nun jauh di Bandung Selatan sana. Alam yang ramah dengan mata tetapi kurang ramah dengan dengkul.

Lalu, ketika itu, saya selalu menggaungkan ungkapan “ada cinta di ketinggian”. Ungkapan yang kemudian di persepsi sebagian kawan saya hanya sebatas cinta horizontal sesama manusia semata. Bukan sesama jenis, ingat.

Padahal maknanya lebih tinggi dari itu. Maqam cinta yang demikian adalah hubungan cinta yang esoteris (esoteris teh padanan katanya apa, ya?) antara hamba dengan Tuhannya.

image

Punten, Batu, Jawa Timur

Dan saat ini, ketika pos ini ditulis, saya menemukan itu lagi, di Kota Batu, Jawa Timur. Di tengah kepungan Gunung Arjuno, Gunung Welirang, dan gunung yang belum saya ketahui namanya, juga gemericik air gunung yang dingin dan suci dan mensucikan…

…ada cinta di ketinggian.

(bersambung)

Powered by WordPress for Android

Iklan

3 pemikiran pada “Ada Cinta di Ketinggian: Batu (prolog)

  1. Doh, ada yang ke Batu! Ditunggu ceritanya ya Mas :hehe, Batu memang sangat asyik untuk dicintai, terlalu banyak cerita tertinggal di sana :hoho. Jadi kepengen jalan-jalan ke Batu lagi deh saya :haha, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa singgah dan eksplorasi kota itu lagi :)).

  2. Ping balik: Ada Cinta di Ketinggian: Edisi Batu (bagian 2-habis) | ardiologi

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s