Menerjemahkan Musik

image

sleepmakeswaves

Ada beragam genre atau aliran musik di dunia. Dari beragam genre itulah yang akhirnya memudahkan para penikmat musik bisa memiliki preferensi tersendiri untuk musik yang dinikmati. Ini berlaku juga pada saya yang belakangan senang mendengar sebuah genre bernama post-rock.

Menurut mbah wikipedia, Post-rock is a subgenre of rock music characterized by the influence and use of instruments commonly associated with rock, but using rhythms and “guitars as facilitators of timbre and textures” not traditionally found in rock. Post-rock bands are often instrumental.

Kata kuncinya adalah musik yang umumnya menggunakan instrumen yang identik dengan musik rock tapi biasanya tanpa lirik/instrumental.

Memang ada pengecualian, beberapa band dengan genre post-rock menyertakan lirik dalam lagu-lagunya, sebut saja Sigur Rós.

Belakangan ini, band yang sering saya simak adalah sleepmakeswaves. Lagu-lagunya tanpa lirik. Dominan gitar (dengan distorsi ataupun clean), bass, drum, dan kadang sentuhan keyboard.

Lagu-lagu post-rock yang tanpa lirik seolah membebaskan pendengarnya untuk menerjemahkan sendiri “rasa” yang ada di lagu tersebut. Sederhananya, pendengar seperti menciptakan sebuah soundtrack untuk hal yang hanya dia sendiri yang paham.

Saya sering mendengar lagu-lagu seperti ini lalu iseng-iseng merangkai narasi cerita dalam kepala tentang kejadian apapun yang saya lihat di sekitar. Interpretasi. Tidak ada batasan. Narasi berakhir ketika lagu juga berakhir.

Terakhir, lagu-lagu ini juga cocok mengisi lagu latar jika membuat sebuah video, entah dokumenter atau video lainnya. Terkait lagu apa yang cocok, tergantung kehandalan si editor video dalam menginterpretasi lagu yang ia dengarkan.

Di album Love of Cartography milik sleepmakeswaves, saya merekomendasikan Something Like Avalanche, Great Northern, dan (Hello) Cloud Mountain.
**

Powered by WordPress for Android

Iklan

3 pemikiran pada “Menerjemahkan Musik

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s