Pengalaman Upgrade SIM Card 4G LTE Indosat dan Tri

Indosat 4G LTE vs Tri 4G LTE | ardiologi

Indosat 4G LTE vs Tri 4G LTE | ardiologi

4G LTE adalah generasi terbaru dalam industri telekomunikasi. Walaupun statusnya di Indonesia saat ini seperti “arek-arek-moal-moal” atau seperti dipaksakan dengan infrastruktur seadanya, bukan berarti sepi promosi dan peminat. Buktinya, dua operator seluler yang saya gunakan (Indosat Ooredoo dan Tri) sangat gencar mempromosikan layanan 4G LTE walaupun masih sangat seadanya terbatas.

Untuk bisa menikmati layanan 4G LTE, ada 3 syarat utama. Pertama, perangkat sudah mendukung layanan 4G LTE. Kedua, sudah ada cakupan (coverage) sinyal 4G. Ketiga, mengganti SIM Card lama yang belum mendukung layanan ini.

Dalam tulisan ini, saya akan membandingkan pengalaman mengganti SIM Card 4G LTE baik dari Indosat Ooredoo dan juga dari Tri. Saya mengganti SIM Card Indosat Ooredoo di Galeri Indosat Ruko Saladdin Square C19-20, Kota Depok, Jawa Barat. Untuk Tri, saya menggantinya di Tri Store Bintaro (lokasinya di kawasan ruko seberang Bintaro Plaza).

Proses Awal

Sama seperti di kantor layanan pada umumnya, di Galeri Indosat ataupun di Tri Store kita akan disambut oleh satpam dan ditanyakan maksud dan tujuan adik datang kesini.

Untuk di Gerai Indosat, saya langsung diminta mengisi lembar pendaftaran penukaran SIM Card lama ke 4G LTE. Untuk tukar SIM Card tidak harus antri dengan layanan lain seperti kehilangan kartu ataupun layanan keluhan.

Berbeda dengan Galeri Indosat, di Tri Store untuk layanan ganti SIM Card ke 4G LTE, harus melalui antrian yang sama dengan layanan lain. Uniknya, untuk Tri Store, mendaftar melalui sebuah komputer tablet dengan mengisi nama, nomor tri, dan kebutuhan layanan. Setelah mendaftar, akan ada SMS masuk ke nomor Tri milik kita dan menunjukkan nomor antrian.

Untuk dua tempat ini, karena ruangannya sempit, maka siap-siap saja berdiri jika tidak kebagian kursi.

Pelayanan di Customer Service

Untuk Galeri Indosat, karena data sudah diisikan sejak mendaftar, maka petugas CS (Customer Service) langsung meminta KTP untuk mengisi data lalu menyerahkan SIM Card baru. Kemudian SIM Card baru dipasang. Lalu petugas CS akan meminta kita menyebutkan sebuah kode yang terkirim via SMS ke perangkat yang baru saja diganti SIM Card-nya. KTP dikembalikan dan selesai.

Total waktu yang dibutuhkan dari menunggu hingga proses kurang lebih 30 menit.

Untuk Tri Store, petugas meminta KTP dan memberikan formulir layanan yang harus kita isi dan tanda tangan. Kemudian SIM Card akan diberikan.

Total waktu yang dibutuhkan lebih dari 90 menit (90 menit tunggu antrian dan 15 menit layanan).

Jaringan

Saya sehari-hari berada di daerah Ciputat Rempoa, Tangerang Selatan dan hingga saat ini status jaringan di perangkat Xiaomi Redmi 2 yang saya pakai belum pernah menunjukkan angka 4G baik ketika menggunakan Indosat maupun Tri. Untuk bagian ini akan saya update di kemudian hari. (UPDATE: Indosat sudah tercakup 4G di Ciputat Rempoa hanya saja setting di perangkat harus “4G Only”)

Demikian sedikit pengalaman saya mengganti SIM Card untuk bisa merasakan 4G LTE (walaupun sampai sekarang saya masih belum bisa menggunakannya). Apakah teman-teman punya pengalaman serupa terutama dengan selain dua operator yang saya sebutkan di atas? Silakan mampir di kolom komentar. 😀

**

Iklan

138 pemikiran pada “Pengalaman Upgrade SIM Card 4G LTE Indosat dan Tri

  1. Sy pengguna tri sudah 6th dan selama 6th itu pun sy mendapatkan gratis sms ke smua operator.
    Pgn bgt upgrade ke 4G tp kira2 bonusan sms all operatornya bakalan ilang gak ya 😀😀😀😀😀

    Ada kah yg kartu tri lamanya jg bonus sms all operator dan sdh upgrade ke 4G?

    • Aku upgrade ke 4G beli di Alfamart 50.000 dapat (voucher 50.000 bisa dipakai apapun,dan 5 GB 4G) untuk jaringan saya kurang begitu paham,saya tinggal di Depok kelapa dua. Jaringan 4G sering terlihat,tapi kadang2 dirumah enggak ada sama sekali. Padahal lokasi gak jauh beda dengan kalau pergi keluar rumah yg lokasinya masih mencakup klp dua. But,for upgrade u SIM 4G from Indosat its Verry Verry difficul . Dulu bisa lewat SMS aja,sekarang harus pergi ke gerai Indosat Ooredoo,I not have Times for it. Padahal udah dapat juga kartunya dari minimarket. Mungkin next Times,mohon doanya. Hhhh….. Tambahan,saya pake 3 yg dulu 11 No,yg double kalau isi ulang,kalau SMS gratis ke operator lain kayaknya saya gak memperhatikan. Dari segi harga tri emang paling murah,tapi signal. Indosat oke,sama seperti yg lain standar aja tapi bagi yg blm 4G sangat kesulitan untuk dapat paket dari isi paket dihpd sendiri,soalnya kebanyakan paket harus udah 4G HP dan simnya. Dari kesimpulannya ganti SIM 4G tri lebih gampang karena bisa sendiri walau harus pake bayar,membayar juga sama voucher dan paket 5GB nya. Saya harap Indosat Ooredoo bisa lewat HP sendiri juga. Biar gak repot-repot harus ke gerai.

  2. Untuk tri di depok ada kios tri, namanya satria cell di depok 2 tengah jalan kemakmuran. Hati2 kalo mau kesana karena tempatnya ga begitu kelihatan.

    Untuk coverage masih disekitar pusat kota margonda aja dan sekitaran depok timur, dapet sinyal 4G LTE. Kecepatan dan coverage tolong jgn berharap banyak, jangankan depok, jakarta pun kadang susah hehe. Untuk operator sekelas tri mungkin masih 6 bulan – 1 tahun lah coverage dan speednya memadai. Untuk investasi ganti kartu aja sih gapapa. Maaf kepanjangan mas admin

    Alamat lengkap google maps :
    Jalan Kemakmuran, No. 36, 2 Tengah, Mekar Jaya, Sukmajaya, Mekar Jaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

  3. @iwal baru tiba sim card nya, cek foto nya di IG saya @bangfik, baru mau ane coba di Redmi Note 3 Pro, moga Kota depok sdh tercover..

  4. Saya Tinggal Di Jakarta Selatan ,Posisi Daerah Tebet .. Tri 4G ,Blom Coverage Disini .. Baru Sampe Di Daerah Daerah Tertentu .. Seperti Kasablangka

  5. Waktu itu saya prnh pake simpati dan keluar tu 4g-nya. Cuma kmrn tmn blg tri jg udh bisa 4g tp hny di tempat tertentu, pgn sih ganti tri lama saya ke 4g, tp ko malah takut jd gabisa digunain yaa nanti kuota 4g nya kalo diciputat gabisa. Karna kebetulan saya tinggal di ciputat jg hehe

  6. Pengalaman sy pake Tri ya ampun cape deh, ktnya sdh 4G, wkt sy telp. sm CS cek area gak tahunya daerah sy Cinere blm terkover, pdhl sdh siapin kartu 4G dan isi pulsa jg, ternyata gak bisa, untung aja pulsanya blm dipake, jd kartu 3 yg 4G nganggur deh he….he ….
    Kl 3 AON msh pake 3G gak jadi diupdate deh, krn gak ada sinyal.
    Skrg sy pake XL lmyn ngebutlah dan harga juga oke 12GB cuma 50rb sdh 4G LTE.
    Itu sinyal di HP samsung Galaxy J Prime 4G LTE terus mantaplah. Kl pake IM3 sinyal agak lemot krg kenceng, kl harga sama aja,plng murah emang 3 tp sinyal 4G Om Telolet Om

  7. 64K 4G LTE maksudnya apa ya gak paham.. bayar gitu 64000 ribu kalo mau jadi 4G kartu trinya?gagal paham nih..

  8. Tulis Ke 234 Hanya Untuk AON : Mau (Spasi) Pm1 Mau (Spasi) Pm2 Terus Sampai Sepuluh Kadang. Bisa Kadang Engga Untuk Pm1: 1Gb Pm2 : 2GB Dan SeterusNya Ada Satu Lagi Coba Aja : Mau (Spasi) Gm1 = Mau (Spasi) Gm2

    • Aku udah 4G dua2nya,kemarin ke gerai Indosat,lumayan sebentar. Nunggu kartu ilang signal,baru masukin kartu indosat. Udah 4G,cuman sebelumnya saya cek ada kuota 4G 5gb,karena ganti paket sblm kartu card 4G jadi ilang. Saran saya kalau punya Indosat terus ada kuotanya jangan ganti paket data dulu,ganti SIM aja dulu,soalnya kata tmn2 yg udah pengalaman mereka dapet 5gb dr upgrade ke 4G untuk indosat. Nah,kalau untuk 3,saya kemarin2 jaringan 3G terus padahal kartu udah 4G,coba aja daptarin ke 3 nyaa,kan suka ada tuh SMS dari 3,yg coba berani 4G dari 3 Indonesia. Atau pake aplikasi Bima Tri klik disana yg berani 4G. Alhamdulillah sekarang udah sering muncul 4G ini aja di rumah yg biasanya 3G / H+ jadi 4G. Kalian tau sendirilah,kalau tri biasa suka gak ada signal dbbrapa lokasi,tapi untuk wilayah Jkt sekitarnya lumayan Ok,dan bbrp kota juga udah lancar,… Saya sih nikmatin2 aja.

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s