Pengalaman Upgrade SIM Card 4G LTE Indosat dan Tri

Indosat 4G LTE vs Tri 4G LTE | ardiologi

Indosat 4G LTE vs Tri 4G LTE | ardiologi

4G LTE adalah generasi terbaru dalam industri telekomunikasi. Walaupun statusnya di Indonesia saat ini seperti “arek-arek-moal-moal” atau seperti dipaksakan dengan infrastruktur seadanya, bukan berarti sepi promosi dan peminat. Buktinya, dua operator seluler yang saya gunakan (Indosat Ooredoo dan Tri) sangat gencar mempromosikan layanan 4G LTE walaupun masih sangat seadanya terbatas.

Untuk bisa menikmati layanan 4G LTE, ada 3 syarat utama. Pertama, perangkat sudah mendukung layanan 4G LTE. Kedua, sudah ada cakupan (coverage) sinyal 4G. Ketiga, mengganti SIM Card lama yang belum mendukung layanan ini.

Dalam tulisan ini, saya akan membandingkan pengalaman mengganti SIM Card 4G LTE baik dari Indosat Ooredoo dan juga dari Tri. Saya mengganti SIM Card Indosat Ooredoo di Galeri Indosat Ruko Saladdin Square C19-20, Kota Depok, Jawa Barat. Untuk Tri, saya menggantinya di Tri Store Bintaro (lokasinya di kawasan ruko seberang Bintaro Plaza).

Proses Awal

Sama seperti di kantor layanan pada umumnya, di Galeri Indosat ataupun di Tri Store kita akan disambut oleh satpam dan ditanyakan maksud dan tujuan adik datang kesini.

Untuk di Gerai Indosat, saya langsung diminta mengisi lembar pendaftaran penukaran SIM Card lama ke 4G LTE. Untuk tukar SIM Card tidak harus antri dengan layanan lain seperti kehilangan kartu ataupun layanan keluhan.

Berbeda dengan Galeri Indosat, di Tri Store untuk layanan ganti SIM Card ke 4G LTE, harus melalui antrian yang sama dengan layanan lain. Uniknya, untuk Tri Store, mendaftar melalui sebuah komputer tablet dengan mengisi nama, nomor tri, dan kebutuhan layanan. Setelah mendaftar, akan ada SMS masuk ke nomor Tri milik kita dan menunjukkan nomor antrian.

Untuk dua tempat ini, karena ruangannya sempit, maka siap-siap saja berdiri jika tidak kebagian kursi.

Pelayanan di Customer Service

Untuk Galeri Indosat, karena data sudah diisikan sejak mendaftar, maka petugas CS (Customer Service) langsung meminta KTP untuk mengisi data lalu menyerahkan SIM Card baru. Kemudian SIM Card baru dipasang. Lalu petugas CS akan meminta kita menyebutkan sebuah kode yang terkirim via SMS ke perangkat yang baru saja diganti SIM Card-nya. KTP dikembalikan dan selesai.

Total waktu yang dibutuhkan dari menunggu hingga proses kurang lebih 30 menit.

Untuk Tri Store, petugas meminta KTP dan memberikan formulir layanan yang harus kita isi dan tanda tangan. Kemudian SIM Card akan diberikan.

Total waktu yang dibutuhkan lebih dari 90 menit (90 menit tunggu antrian dan 15 menit layanan).

Jaringan

Saya sehari-hari berada di daerah Ciputat Rempoa, Tangerang Selatan dan hingga saat ini status jaringan di perangkat Xiaomi Redmi 2 yang saya pakai belum pernah menunjukkan angka 4G baik ketika menggunakan Indosat maupun Tri. Untuk bagian ini akan saya update di kemudian hari. (UPDATE: Indosat sudah tercakup 4G di Ciputat Rempoa hanya saja setting di perangkat harus “4G Only”)

Demikian sedikit pengalaman saya mengganti SIM Card untuk bisa merasakan 4G LTE (walaupun sampai sekarang saya masih belum bisa menggunakannya). Apakah teman-teman punya pengalaman serupa terutama dengan selain dua operator yang saya sebutkan di atas? Silakan mampir di kolom komentar. 😀

**

139 pemikiran pada “Pengalaman Upgrade SIM Card 4G LTE Indosat dan Tri

  1. Saya pake tri lama dan jaringan kartunya belum 4G tetapi ponsdl saya sudah suport 4G lenovo A7000 plus gimana solusinya sedangkan saya sudah memasan paket 4G

    • Sama mas, saya jg begitu. Sudah saya tanyakan ke 3store katanya nggak semua hp bisa karena 4g tri hanya bekerja di frekuensi 1800 (saya jg tdk terlalu paham frekuensi2an), sedangkan hp saya frekuensi 4g ada di 1900.

  2. Skrg msh pake HALO FIT 145k (kuota data 5GB), memang sgt mahal kalo dibandingkan dgn paket FREEDOM POSTPAID Indosat. Pgn bgt nyobain pindah ke indosat, ada yg bs ngasih rekomendasi, terutama di daerah Bintaro & Jaksel. Bagaimana speed & coverage 4G-nya?

  3. Mas kebetulan saya juga tinggal di Rempoa, di kampung Setu tepatnya.. pertanyaan saya agak banyak mas. Pertama, apakah ketika mengganti Sim card lama dgn yg baru, mas dikenakan biaya? Kedua, untuk skrg, Sim card Tri di daerah Rempoa, atau Tangsel, apkh sdh support ya mas?

  4. Kalo saya berpendapat, daerah rempoa itu merupakan perbatasan kalo gak salah ya.. Antara Jakarta Selatan dan Tangsel, dan Depok (Jawa Barat), kemungkinan pembagian sinyal 4G gak bisa merata, mungkin… Kalo pertanyaan saya yang paling krusial ialah lebih hemat mana penggunaan data 4G, antara Indosat dan Tri..? Selain dari cara penggunaan.. Karna yang saya alami (pengalaman) penggunaan pada tingkat sinyal H+ di tri seminggu saja bisa mencapai 5Gb.. Untuk stanby aplikasi online dan gps.. Tanpa youtube, dll..

  5. Klw saya pake xl mas mudah bgt ganti 3g ke 4g hanya beli perdana baru xl yg 4g ikutin petunjuk nya langsung berubah ke 4g…tanpa antri dan tanpa ngabisin waktu karena saya ibu rumah tangga yg punya dua anak balita jd beruntung bgt pake xl…dan sekarang saya menikmati xl 4g tiap hari….

  6. Begini mas kalau saya baca di atas menggunakan handphone tipe xiaomi,untuk gadget tersebut 4g sudah di lock oleh pihak xiaomi nya karna tidak memenuhi syarat yang di tentukan.
    Jadi permasalahan ada di gadget-nya.

  7. Via Twitter tri sy sdh memesan sim card tri 4G, kata nya tunggu sampai 14hr kerja, nanti sy Update klo sdh tiba. Untuk hp xiaomi Bs ko di akalin pake trik biar bs 4G,ane pake redmi note 3 pro bs 4G.

    • Simcard 4G tri nya udh dpet mas?klo udh,dipake d redmi note 3 pro nya nangkep sinyal 4G nya tri ndak y?klo nangkep mas fikri pke rom ap n brapa.thx mas.

  8. maaf aja nih jujur saja saya bingung awal niat nya upgrade indosat 4G.begitu datang ke gerai langsung ke tmpt penggantian kartu diminta ktp sim lama diminta di ksh sim baru trus di suruh tunggu 1 jam stlh aktifasi.aneh nya dtng ke gerai tgl 16/12/16 sampai tgl 21 /12/16 kartu yg katanya 4G blm bs di pakai juga,yg jd pertanyaan itu suruh tunggu 1 jam nya brp kali masa hmpr smp 1 minggu ga aktf2 maaf2 aja saya sndri plnggan setia indosat ga 1 dua hari sdh 5th an kok di buat begini.tlfn cs e-mail cs datang ke gerai 2x jwbn nya ya akan saya bantu,bantu dimana ga selesai2 masalah.
    udah kontak hilang semua pulsa juga di tambah paket data juga masih aktf smp 2017 bnr2 kecewa.

    • pertanyaannya sederhana sih, mz:

      1) hpnya supoort 4G gak?
      2) daerahnya tercover sinyal 4G

      kalo salah satu dari 2 syarat di atas gak terpenuhi, jelas ga akan bisa dipake.hehe

  9. Parah im3 4g nya, padahal tmpat tnggal d tebet, capai speed 2mbps aja gk mampu… 4g apaan itu… kalau belum mampu, mending jagan dulu sok up ke 4g !!! Freak indosat !!!!

  10. Hampir semua hp yg keluaran 2016 sudah suport 4G, tapi jaringan seluler 4G di Indonesia masih kurang pengembangan nya di jawa timurpun masih susah.. maka nya dari pada pusing pusing saya pasang aja wifi speed up 10mbps .. 😀

  11. Agan boss, Pulsa dan kuota yg msh tersisa di kartu 3 jaringan 3G klo sdh upgrade ke 4G masih ada kan ya ??? (cuma ganti fisik simcard doang).

  12. Mas sya mau tanya. Kartu Tri saya masih 3G dan 32K, kalau mau upgrade jadi 4G dan 64k. Dengan ganti fisik apakah no. berubah atau dengan no.yang sama mas? tq

    • Untuk tri di depok ada kios tri, namanya satria cell di depok 2 tengah jalan kemakmuran. Hati2 kalo mau kesana karena tempatnya ga begitu kelihatan.

      Untuk coverage masih disekitar pusat kota margonda aja dan sekitaran depok timur, dapet sinyal 4G LTE. Kecepatan dan coverage tolong jgn berharap banyak, jangankan depok, jakarta pun kadang susah hehe. Untuk operator sekelas tri mungkin masih 6 bulan – 1 tahun lah coverage dan speednya memadai. Untuk investasi ganti kartu aja sih gapapa. Maaf kepanjangan mas admin

      Alamat lengkap google maps :
      Jalan Kemakmuran, No. 36, 2 Tengah, Mekar Jaya, Sukmajaya, Mekar Jaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

  13. Ktp dipake buat apanya ya? Terus ngisi data diri dan nomor KTP pas aktifasi kartunya ngasal, ngaruh ga? Saya juga belum punya ktp masih proses hehe. Tolong dijawab makasih

  14. Ktp dipake buat apanya ya? Terus ngisi data diri dan nomor KTP pas aktifasi kartunya ngasal, ngaruh ga? Saya juga belum punya ktp masih proses hehe. Tolong dijawab makasih

  15. maaf masih bingung
    klo Tri dah 4G masih bisa pake 3G ?
    4G dpake klo dah beli kuota 4G’y saja atau gmna?
    stelah diganti
    kuota yang lama masih ada ga mas?
    tolong bales ya,, makasi

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s