Jadi Cilik a la Om Felix Baumgartner

Felix Baumgardtner's Space Jump 2012

Felix Baumgardtner’s Space Jump 2012

Tahun 2012, seorang penerjun (BASE jumper) asal Austria, Felix Baumgartner, memecahkan rekor dunia menjadi orang pertama yang terjun dari “angkasa” dengan ketinggian 39 km! Om Felix (sebut saja demikian) merupakan penerjun yang sering terjun di beberapa tempat, selain pemecahan rekor di atas, om Felix juga pernah terjun dengan “sayap” melintasi selat Inggris.

Om Felix ini agak nganu memang. Terjun dari ketinggian 39 km dengan naik menggunakan balon udara. Tentu dengan persiapan tjanggih. Om Felix pakai perlengkapan a la astronot dengan tanki oksigen dan tentu yang kekinian: action cam!

Tentu saja yang merknya GoPro.

Bagi yang kuotanya melimpah, bisa simak dahulu bagaimana penerjunan dilakuken.

Secara statistik, beberapa yang dihasilkan dari penerjunan om Felix ini adalah:

  • Mendobrak rekor sebelumnya milik Joseph Kittinger tahun 1960 yang terjun dari ketinggian 31 km
  • Terjun dengan kecepatan melebihi kecepatan suara yakni 1357,6 km/jam atau Mach 1,25. Sebagai perbandingan, kecepatan suara adalah 1225 km/jam atau Mach 1
  • Terjun selama 4 menit 20 detik

Terlepas dari rekor yang dipecahkan om Felix, ada satu bagian yang saya garis bawahi yakni ketika dia bilang begini:

“I wish you could see what I can see”

“To understand how small you are…”

“…sometimes you have to be up really high”

Dan saya berpikir (dan saya senantiasa berpikir lho.hehe), apakah harus benar-benar setinggi itu untuk bisa sadar bahwa saya sangat kecil?

***

Iklan

4 pemikiran pada “Jadi Cilik a la Om Felix Baumgartner

  1. Ga mesti setinggi itu sih, kadang kita juga perlu ngeliat keatas, diatas langit masih ada langit lagi, bintang aja yg segitu gedenya keliatan kecil di mata kita. Btw bungee jumping juga bisa tuh bikin kita berasa kecil yg bisa jatoh kapan aja. Tapi om Felix keren bangeeett. Aku juga klo jd astronot pengen tuh kayak dia lompat dari tempat yg tinggi *mupeng* berhubung aku bukan astronot mentok2 juga lompat dari kasur 😑

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s