Ekspektasi versus Kenyataan

FunnyShare.org - Sad Reality Of My Life funny pics

sumber: smosh.com

Suatu hari, saya pernah tercetus membuat video stop motion. Setup kamera, laptop, dan papan tulis sudah saya siapkan. Ekspektasi saya saat itu adalah mampu membuat video stop motion yang “keren”. Keren di sini artinya hasilnya mirip dengan video milik orang lain yang pernah saya tonton. Tapi kenyataan berkata lain. Hasilnya mengecewakan.

Hasilnya di luar ekspektasi.

Cerita lain, adalah ketika saya ikut sebuah kompetisi di salah satu situs crowdsourcing desain. Saya tidak pasang ekspektasi yang tinggi. Alih-alih hanya sebatas bikin portofolio, saya justru menang. Menang sebuah kompetisi yang hadiahnya untuk saat itu setara uang kuliah saya satu semester.

Kenyataan yang terlalu manis untuk sekadar diekspektasiken.

Dari kedua cerita yang kontras di atas, kemudian saya menyimpulkan bahwa ekspektasi dan kenyataan itu seperti menggali sumur di tempat asing. Menggali sumur bertujuan mendapatkan air. Tapi kita tidak pernah tahu di kedalaman berapa akan keluar air.

Tidak salah bahwa ada ungkapan yang berbunyi: hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Iya, kan, dek? #eh

Iklan

16 pemikiran pada “Ekspektasi versus Kenyataan

  1. Jadi kalau bikin sesuatu, ekspektasinya jangan tinggi-tinggi yah… usaha saja. Nanti hasilnya pasti mengikuti bagaimana usaha kita. Saya sedang mencoba seperti itu, yang penting usaha, hehe. Soal bagaimana-bagaimananya mah belakangan… apa yang terjadi kemudian kan mengikuti apa yang kita lakukan sekarang.

    • bukan berarti tidak pakai harapan yg tinggi sih,

      mungkin tepatnya pakai harapan tinggi yang terukur, supaya tetap semangat dan tetap realistis.hehe

  2. Ya kalo udah verusaha debgan keras dan hasilnya gak sesuai ekapektasi artinya ada yg salah. Itu tandanya untuk segera nelakukan evaluasi.

  3. Menarik tulisannya.
    Saya juga sering ngalamin yang kayak gini hehehe. Manusia memang maha merencana, ya? Kadang sampai lupa ada Dia, Perencana yang terbaik 🙂

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s