Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2017

17855290_1331677696916082_8140412255153313743_o

Semua orang bisa mengoperasikan kamera tapi tidak semuanya bisa menghasilkan foto yang bagus. Bagus dalam artian, momen yang diabadikan memiliki cerita kuat dan menggugah orang yang melihatnya. Foto-foto bagus inilah yang pada Minggu (23/04) kemarin menghiasi dinding Galeria Fatahillah, Kota Tua Jakarta dalam pameran Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2017.

Pameran yang diselenggarakan oleh Pewarta Foto Indonesia ini berlangsung selama 21-29 April 2017. Selain menyajikan foto-foto terbaik karya pewarta/jurnalis foto Indonesia setahun ke belakang, ada juga klinik fotografi dengan tema menarik.

Sarana Belajar

Belakangan ini saya memang senang mendalami dunia fotografi. Bagi saya, foto memang medium bercerita yang efektif dan efisien. Seperti ungkapan yang masyhur, a picture is worth a thousand words. Bagi saya melihat pameran seperti APFI 2017 selain untuk kilas balik kejadian setahun belakangan, juga untuk belajar fotografi dengan melihat langsung karya-karya terbaik. Belajar hal teknis (misal komposisi) maupun non-teknis (filosofi di balik foto yang diambil).

Memang, setelah hadir langsung di Galeria Fatahillah, semua foto pameran memang menarik dan kuat pesannya. Ada beragam genre foto yang  disajikan, mulai dari general news, people in news, photo story, citizen journalism, spot news, sport, dll.

Dan foto yang menjadi “juara” pada APFI 2017 ini adalah foto yang diabadikan Jessica Wuysang tentang pembakaran pemukiman Gafatar di Mempawah, Kalimantan Barat.

juara-1_sn_jessica-helena-wusyang

Credit: Jessica Wuysang – Selamatkan Merah Putih | Photo of The Year APFI 2017 |sumber: 1000kata.com

Secara umum, saya cukup puas dengan pameran ini. Hanya ada beberapa hal saja yang saya catat, antara lain penempatan beberapa keterangan di beberapa foto yang kurang intuitif dan juga ada beberapa typo di keterangan foto.

Terakhir sengaja saya tidak tampilkan siapa saja yang menjadi pemenang APFI 2017. Tidak adil rasanya jika saya letakkan di sini. Anda harus melihat sendiri (jika kebetulan berada di sekitar Jabodetabek) untuk melihat langsung betapa magisnya foto-foto yang ada di pameran APFI 2017.

Iklan

7 pemikiran pada “Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2017

  1. Saya sebenarnya awam banget sama foto. Jadi nggak bisa memberi penilaian. Cuma sesekali saja ngambil foto via hp, itu pun ada bagus nurut saya ha ha ha….. Klo ada rejeki besok2 pingin beli kamera yang bagus buat foto2 an. Kan seru.

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s