[Review] Transformers 5: The Last Knight

mv5bnwyymzkzmjgtzjgxzc00nwjmltk4njetm2fknwezmjjjntu3xkeyxkfqcgdeqxvyndqxnjcxnq-_v1_sx1777_cr001777999_al_

Bumblebee dengan kearifan Perang Dunia Kedua – sumber: imdb.com

[PERINGATAN] Banyak spoiler dan banyak istilah “asing” khas Transfomers.

Selamat idul fitri 1438H! Semoga kita semua mendapat berkah berlipat ganda. Amiin. Mengawali suasana idul fitri, saya akan coba mengulas film Transformers 5: The Last Knight.

Bagi yang mengikuti dari awal, pasti tahu bahwa bangsa robot dari planet Cybertron ini berantem terus-terusan di bumi dengan masalah yang berbeda di tiap saga. Dan di kisah kelima Transformers: The Last Knight menceritakan tentang Merlin’s Stuff (Tongkat Merlin) yang merupakan benda keramat bagi bangsa Cybertronian untuk memulihkan planet mereka yang hancur.

Seri kelima ini masih nyambung dengan seri keempat Transformers: Age of Extinction. Di ending seri keempat, Optimus Prime pergi ke kampung halamannya yakni Planet Cybertron untuk bertemu dengan sanak famili. Tujuannya adalah untuk bertemu penciptanya dan menyibak rahasia Cybertron dan apa hubungannya dengan bumi. Ketika pulang, ternyata Cybertron sudah rusak. Optimus lalu bertemu dengan Quintessa (salah satu pencipta bangsa Cybertronian). Dijelaskan bahwa untuk memperbaiki Cybertron, bumi harus disedot sumber dayanya menggunakan Tongkat Merlin dan Optimus mau tidak mau dipaksa melakukannya. Dari sini, Quintessa mengubah Optimus Prime menjadi Nemesis Prime. Semacam versi jahat dari Optimus.

Memuaskan Dahaga Cocoklogi

Satu hal yang membuat saya mengikuti saga Transformers dari 1 sampai 5 adalah mencocokan fenomena ataupun benda bersejarah menarik yang ada di bumi. Misalnya:

  • Di seri 1, kemunculan awal bangsa Transformers di bumi berkaitan dengan sumber energi yang ada di kutub.
  • Seri 2 disebutkan bahwa piramida Giza yang ada di Mesir merupakan mesin milik bangsa Cybertronian untuk menambang energi matahari.
  • Seri 3, penjelajahan pertama ke bulan adalah untuk mengeksplorasi kapal alien asing yang jatuh di bulan
  • Seri 4, bercerita tentang kemusnahan dinoraurus dinosaurus 65 juta tahun lampau

Dan di seri kelima ini adalah mengaitkan dua hal, pertama tentang King Arthur dan perang di Inggris kuno.

Dan satu lagi adalah tentang…

Stonehenge!

Ya, susunan batu besar yang ada di Inggris ternyata memiliki rahasia. Tentu ini menjadi bumbu cerita yang menarik. Setidaknya bisa memuaskan dahaga cocoklogi kita yang memang tidak punya tempat di ranah ilmiah alias sebatas imajinasi. hehe

Plot(hole):  In Bay We Trust

Satu aturan tak tertulis untuk menyimak film robot garapan Michael Bay adalah jangan terlalu memusingkan plot. Seperti biasa, filmnya Mz Bay ini akan penuh visual ledakan, tembakan, pengambilan gambar low-angle, dsb. Plot hole (keganjilan plot)? Ah, sudabiasa.

Di seri kelima ini, tokoh protagonis utama adalah Cade Yaeger (Mark Wahlberg) yang menjadi tokoh utama di seri keempat. Entah kenapa, Cade Yaeger seperti gagal dijelaskan. Tidak jelas kenapa dia bisa ujug-ujug jadi “orang terpilih”. Tapi lagi-lagi, in Bay we trust!

Selain itu, ada tokoh utama lainnya yaitu Izabella. Iya, pake “z”. Menurut saya, tokoh bocah ini tidak begitu penting. Justru yang menarik adalah robot cengeng berwujud Vespa biru telor asin bernama Sqweeks.

Dan premis utama cerita dalam seri kelima ini bertumpu pada tokoh Vivian Wembley (Laura Haddock) dan Sir Edmund Burton (Anthony Hopkins). Kedua tokoh ternyata termasuk klan Witwiccan, sebuah klan yang punya tugas menjaga rahasia dan informasi bangsa Transformers. Dan ya, Sam Witwicky (Shia LaBeouf), tokoh utama di seri pertama hingga ketiga merupakan bagian dari klan Witwiccan.

Terlepas dari plot, suguhan visual memanjakan mata robot besar warna-warni yang berkelahi dan saling balas tembakan adalah koentji. In Bay we trust!

Sssstt… di seri kelima ini, ditampilkan wujud Bumblebee ketika era Perang Dunia II dan doi bicara dengan suara asli lho. Akhirnya…

Banyak Tokoh Baru!

Maksudnya adalah tokoh robot baru. Dari kubu Autobots, masih ada Optimus Prime, Bumblebee, Hound, Hot Rods, Drift, Daytraders, Crosshairs, dll. Dinobots yang ada di seri keempat pun masih ikutan, yakni Grimlock (robot T-Rex) dan Slag (robot Triceratops). Satu lagi, Sqweeks, robot Vespa cengeng.

Di kubu Decepticon, masih ada Megatron dengan tampilan yang lebih sangar tapi masih suka kabur dari pertempuran. Iya, doi masih cupu. Selain itu ada Barricade, robot dengan slogan to punish and enslave (menghukum dan memperbudak). Doi jadi second-in-command Megatron. Selain itu ada Mohawk, Nitro Zeus, Onslaught, dll.

Selain dua kubu di atas, ada tokoh robot penjaga bernama Cogman. Sepanjang film, Cogman ini sukses bikin tertawa terbahak-bahak dengan humornya.

Kesimpulan

Film Transformers: The Last Knight cocok untuk memanjakan mata, memuaskan dahaga cocoklogi, dan penyuka film berdurasi panjang. Film ini tayang dengan durasi 150 menit. Tidak cocok untuk penonton yang menuntut plot rapi dan presisi.

Dan yang terpenting, film ini cocok untuk penggemar Transformers karena di post credit ada cuplikan adegan yang naga-naganya akan berlanjut ke seri keenam.

Autobots… roll out!

Iklan

7 pemikiran pada “[Review] Transformers 5: The Last Knight

  1. Mohon maaf lahir batin mas ardi. Lebih cocok lagi nontonnya yg versi 3D, yo ga mas? Transformer ini salah satu film franchise yg tokoh utamanya bukan manusia. Menarik.

    • taqabbalallahu minna wa minkum, om rizza

      kalo tahan nonton 3D selama 150 menit sih monggo.wkwk

      kalo suka animasinya, film absurd garapan michael bay ini cocoklah

  2. Seri ke 6? Hmm patut ditunggu. Btw, aku nontonnya loncat dari seri 1 ke seri 5. Gak niat ngikutin malah suka sama Transformers yang kelima ini 😁

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s