Buntu

writers-block-is-a-lie

sumber: thewritepractice.com

Ketika menulis ini, saya mengalami kebuntuan hebat untuk memulai tulisan. Istilah zaman now adalah writer’s block. Saya menganalisis ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Faktor tersebut antara lain:

1) Minim membaca

Selain membaca tulisan-tulisan bergaya saenaedewe di situs mojok.co, saya tergolong sudah mulai jarang membaca buku. Buku “berat” macam Ronggeng Dukuh Paruk, Gadis Pantai, Orang-orang Proyek, Dilan 1 dan 2, Bahagianya Merayakan Cinta #eh, dan sejenisnya nyaris sudah lama terjadi. Sepertinya ini mempengaruhi antusiasme menulis saya di blog ini.

2) Distraksi Instagram

Ini krusial. Semenjak saya berfokus diri belajar memotret dan memajang portofolio di Instagram, perhatian untuk menulis di blog ini sedikit berkurang. Saya cenderung menulis caption foto IG panjang lebar yang semestinya bisa ditulis di blog saja.

3) Kurang Jalan-Jalan

Salah satu aktivitas jalan-jalan yang saya haqqul yaqin bisa jadi tulisan adalah ketika naik gunung. Tapi sekarang masih sulit untuk mulai gendong keril lagi dikarenaken waktu liburan yang semakin sempit. Punya duit tapi ga punya “waktu”, sungguh fenomena yang t y d u c k   h q q. Minim jalan-jalan akhirnya minim kontribusi bahan tulisan.

4) Kurang Silaturahim

Silaturahim melancarkan rizki. Rizki bisa berbentuk apapun. Bisa berbentuk jodoh cerita, pengalaman, atau ilmu baru. Dan cerita akan jodoh pengalaman silaturahim sepertinya bisa jadi bahan tulisan.

Saya baru berhasil menganalisis 4 poin itu. Menurut netizen sekalian, adakah faktor lain yang mempengaruhi?


NB: ditulis dalam keadaan bingung ingin menulis apa.

Iklan

3 pemikiran pada “Buntu

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s