[Review] Lelaki Harimau – Eka Kurniawan

img_20180704_140903-011125019448.jpeg

Lelaki Harimau – Eka Kurniawan

Lelaki Harimau adalah novel fiksi karangan Eka Kurniawan. Novel ini memuat tragedi pembunuhan akibat perselingkuhan. Tragedi yang dibalut rumitnya dua keluarga di sebuah kampung pesisir. Margio, pemuda 20 tahun kedapatan membunuh Anwar Sadat, tetangganya. Bukan dengan pisau, parang, atau pedang yang ia jadikan pengantar maut. Tapi, sebuah gigitan di leher yang memutus urat leher. Ya, Margio membunuh Anwar Sadat layaknya harimau menerkam mangsa.

***

Selesai membaca novel ini, saya cukup takjub. Sejak awal saya tidak tahu kemana arah penulis menggiring pembaca setelah kejadian mengenaskan pembunuhan Anwar Sadat. Perlahan, penulis mengupas satu per satu tokoh di novel ini dengan sangat perlahan dan rinci. Mengalir panjang tanpa diduga. Hanya pembatas chapterย yang memberi kita ruang untuk bernapas.

Uniknya novel ini adalah alur ceritanya yang maju mundur. Selain itu, bungkusan ceritanya juga menarik. Menarik dalam artian, setiap tokoh akan memiliki “bungkusan” cerita masing-masing. Seiring waktu, bungkusan tokoh satu akan berpindah ke tokoh berikutnya dan menghasilkan bungkusan cerita lainnya. Semua tersusun sampai halaman akhir sampai cerita selesai.

Novel ini juga sangat minim dialog dan kalimat langsung. Dari awal sampai akhir sangat dominan dengan narasi, deskripsi, dan eksposisi. Dari kekhasan ini, setidaknya kita punya imajinasi yang kuat tentang apa yang dirasakan semua tokoh di dalam novel ini.

Latar tempat di novel ini tidak begitu jelas menyebutkan kota atau lokasi, hanya sebatas penjelasan geografis bahwa kampung yang ada di dalam novel terletak di pesisir selatan, memiliki ladang cokelat yang luas, dan tidak jauh dari stasiun kereta yang relnya buntu.

Saya menduga, latar lokasi berada di pesisir selatan Jawa Barat, mungkinkah sekitar Banjar – Pangandaran? Atau di sekitar Labuan, Pandeglang? Entahlah.

Apakah novel ini rekomendasi untuk dibaca? Tentu, terutama jika anda ingin melihat bagaimana marahnya seorang anak laki-laki yang melihat ibunya tersakiti secara paripurna.

 

 

 

2 pemikiran pada “[Review] Lelaki Harimau – Eka Kurniawan

  1. Novel Eka Kurniawan yang pertama kali saya baca, kak. Emang berkesan banget dan asik sampai nggak berasa kalau udah selesai aja ๐Ÿ‘Œ

    Reviewnya singkat sekali ya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s