Jadi Google Local Guides?

img_6537-011214881216.jpeg

Salah satu reward dari Local Guides – dok.pribadi

Pernahkah Anda membuka Google Maps untuk mencari sebuah tempat lalu membaca bagian ulasan dari tempat tersebut? Jika Anda menemukan ulasan, rating bintang, dan foto, kemungkinan ulasan tersebut dibuat oleh pengguna Google lain, wa bil husus pengguna yang terdaftar Local Guides.

Local Guide adalah layanan yang terintegrasi dengan Google Maps. Definisi Local Guide sendiri menurut Google adalah “komunitas global para penjelajah yang menulis ulasan, berbagi foto, menjawab pertanyaan, menambahkan atau mengedit tempat, dan memeriksa fakta di Google Maps”.

**

Ketika saya akan berkunjung ke suatu tempat, misal tempat wisata atau tempat makan, hal pertama yang saya cek adalah kesan dari pengunjung yang pernah mampir ke tempat tsb. Awalnya cara yang saya pakai adalah dengan mencari ulasan yang ditulis di blog. Cara ini cukup baik karena biasanya dituliskan dengan rinci. Akan tetapi, ketika situasi tidak memungkinkan membuka penelusuran Google, cara tercepat yang saya pakai adalah melalui ulasan Google Maps yang ditulis oleh orang lain.

Suatu ketika saya merasa “terpanggil” untuk bisa membantu orang lain menuliskan ulasan. Bayangkan, ada seorang yang nyasar lalu bertanya arah ke kita. Kita dengan senang hati menunjukkan jalan dengan rinci ke orang tsb agar selamat sampai ke tujuan. Ada rasa senang jika bisa membantu orang lain. Prinsip inilah yang kemudian saya pakai ketika memutuskan secara aktif menjadi Local Guides.

Prinsip ingin berkontribusi inilah yang kemudian saya tuangkan dalam bentuk ulasan-ulasan tempat di Google Maps. Jika sempat, foto dari tempat yang saya ulas pun saya masukkan. Kemudian, pekerjaan saya yang kadang menuntut untuk pergi ke luar kota atau luar pulau membuat saya bisa lebih aktif lagi mengulas suatu tempat yang saya kunjungi.

Oh ya, menjadi Local Guides memang kadang memberikan benefit, misal diskon atau voucher belanja. Tapi hal tersebut baru bisa didapat ketika level kita sudah mencapai level 6 atau 7. Saat ini, saya yang masih di level 7, “hanya” beberapa kali dapat voucher kereta, voucher penginapan, dan voucher kopi seperti gambar di atas.

Ah, anggap saja voucher atau diskon tadi sebatas penghargaan karena memang tidak selalu ada dan rutin didapat. Tapi sekali lagi, membantu orang lain itu menyenangkan, bahkan hanya sekadar mengulas suatu minimarket dengan ulasan: “minimarket ini adalah minimarket yang sejauh ini tidak ada tukang parkirnya”.

**

11 pemikiran pada “Jadi Google Local Guides?

  1. Saya juga seorang google guide mas, punya pengalaman sering nyasar lah yang membuat saya jadi ikutan, waah saya masih di bawahnya mas nih soalnya saya baru level 6

    • Iya mas, saya sering pergicl-pergi dan langganan banget nyasar jadi kalau tau ada tempat yang belum masuk google map saya masukan kadang ada tempat yang gak sesuai saya benerin.

  2. Ak juga local guide udh level 7 apa 8 ya.. udh nga pernah update foto krna jrg bisa main haha.. pertama dpt voucer ayo pop 150k. Mayan banget..

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s