[Review] Arah Langkah – Fiersa Besari

40110544

sumber: goodreads.com

Bulan November – Desember 2018 lalu menjadi momen terlama saya bertugas di luar kota. Bagaimana tidak, genap 30 hari saya bertugas di lapangan. Jika tidak pintar mensiasati diri, tentu bisa saja timbul kebosanan. Nah, salah satu metode saya melepas bosan adalah dengan membaca buku.

Buku Arah Langkah ini saya dapatkan (tepatnya pinjam) dari seorang mbak-mbak kolega ketika bertugas. Di sinopsis belakangnya tertulis buku ini “menjanjikan” petualangan. Cukup menarik hati perhatian. Dengan spik-spik sedikit, buku ini saya pinjam dari mbak tersebut dengan janji untuk dibaca hari itu juga.

Sudah cukup preambule di atas, bagaimana kesan tentang buku ini?

Buku ini berbicara catatan perjalanan si penulis—dituliskan berinisial Bung—bersama dua kawannya: Baduy dan Prem. Petualangan mereka dimulai dari Sumatera: Padang, Bukittinggi, Nias, dan sekitarnya. Lalu berpindah ke Makassar, Tana Toraja, dan Miangas. Kunjungan mereka selalu dengan formula sama: nebeng ke sekretariat Mapala sekitar. Ada sedikit bumbu drama di akhir-akhir cerita yang membuat ketiga tokoh utama ini seakan bukan sahabat. Antiklimaks yang uyuhan.

Ketika saya menyantap petualangan mereka, rasanya seperti membaca catatan perjalanan yang sering muncul di blog-blog. Hanya saja ini adalah buku, saya tidak merasakan kekuatan karakter dari masing-masing tokoh utama. Semua petualangan mengalir begitu saja tanpa pendalaman karakter yang kuat. Dengan formula demikian, membaca novel ini dengan metode membaca cepat sekalipun tidak akan membuat Anda kehilangan “rasa”. Semua mengalir dangkal sekali.

Petualang mereka kemudian berakhir di Sulawesi Utara. Akhir cerita yang menurut saya agak “kentang”. Dari 2 buku Fiersa Besari yang saya baca, kekurangan mencoloknya masih sama: di ending.

Siang saya pinjam buku ini, malam saya kembalikan. Sesuai janji. Buku ini ringan, membacanya bisa sangat cepat. Mbak-mbak kolega pemilik buku menyangsikan saya sudah tuntas membaca sampai akhir.

Tentu saja saya jawab apa-adanya. Saya sampaikan ke mbak-mbak kolega seperti apa yang saya tulis di paragraf kelima tulisan ini.

Eh, paragraf lima yang mana coba? 😀

**

12 pemikiran pada “[Review] Arah Langkah – Fiersa Besari

  1. Aku penggemar karya fiersa, dan termasuk buku ini. Emang endingnya gak jelas gitu soalnya akan dilanjutkan dengan buku yang kedua lanjutan dari buku tersebut

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s