Visualisasi

heart-shaped2bisland

sumber: bsumaps.blogspot.com

 

Kata orang saya punya kemampuan spasial yang baik. Artinya saya bisa memvisualiasikan ruang dan waktu di kepala saya dengan sangat terstruktur. Contoh praktisnya adalah saya bisa dengan mudah membaca peta, menghafal jalan, atau mempelajari lanskap dengan baik. Tentu saya anggap itu sebagai sebuah apresiasi dan tanpa bermaksud menyombongkan diri, saya jawab: iya.

Sebelum pergi ke suatu tempat, saya sering memvisualkan keadaannya walaupun sebelumnya belum pernah hadir ke tempat itu. Bermodal peta Google Maps, visual 360° dari Street View, dan info-info lainnya yang beredari Google, saya bisa menghimpun semua informasi tersebut menjadi sebuah petunjuk.

Kadang visualisasi saya tepat, selebihnya tentu banyak yang tidak benar-benar akurat. Setidaknya hasil visualisasi tersebut tidak menjadikan saya seolah blank di suatu tempat. Bahasa sederhananya, agar saya tidak punya ekspektasi ketinggian.

Kebiasaan saya tersebut tentu muncul juga di kehidupan sehari-hari. Mengejawantah dalam format lain yang serupa, yakni menjadi orang yang observant atau detail-oriented. Bahasa mudahnya, mungkin saya orang yang sangat rajin (atau iseng?) mengobservasi semua detail yang saya temui setiap saat. Meskipun detail-detail tersebut bersifat receh.

Ekses atau kekurangan dari kebiasaan tersebut mudah disimpulkan. Saya menjadi orang yang over-thinking, peragu, dan lamban memutuskan. Percayalah, ketika menyeberang jalan, saya bisa dibilang sangat payah. Di pinggir jalan, saya jadi semacam Sherlock Holmes yang menganalisis kecepatan kendaraan bermotor dan semua kemungkinan manuver yang dilakukan si pengendara.

Tentu masih banyak lagi dan tidak mungkin saya ceritakan semua. kecuali ke kamu.hehe

Banyak orang yang membaca kelebihan dan kekurangan saya seperti cerita di atas. Ada yang “paham”, ada juga yang “bodo amat”. Masing-masing punya reaksi sosial yang bermacam-macam.

Dan tentu saya juga suka mengamati reaksi yang “mereka” tunjukkan. Lagi-lagi saya simpulkan, reaksi mereka itu tergolong menyebalkan atau menyenangkan dan juga apakah itu tergolong reaksi yang penting atau tidak.

**

4 pemikiran pada “Visualisasi

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s