Pengalaman Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

bpjstk

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (selanjutnya disebut BPJS TK) merupakan fasilitas perlindungan yang didapat tenaga kerja yang ada di Indonesia. Badan yang dulunya merupakan transformasi dari JAMSOSTEK pasca diberlakukannya UU No.24/11 ini memiliki beberapa jaminan, di antaranya: Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Perlindungan Kesehatan (JPK), dan Jaminan Pensiun (JP).

Salah satu komponen jaminan yakni Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan jaminan yang seringkali diklaim oleh orang-orang . Hal ini dikarenakan uang jaminan tidak lagi menunggu jangka waktu tertentu untuk dicairkan tapi bisa dicairkan ketika masa kerja di suatu perusahaan sudah berakhir, baik karena mengundurkan diri atau pun habis kontrak.

Fasilitas inilah yang saya manfaatkan ketika masa bakti saya selesai di tempat kerja saya terdahulu. Pihak pemberi kerja menginformasikan bahwa saya memiliki saldo JHT yang bisa dicairkan. Saldo bisa dicek melalui aplikasi BPJSTK atau pun website BPJSTK.

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah pencairan JHT hanya bisa dilakukan setelah mendaftar antrean secara online alias tidak bisa datang langsung.

Setelah memastikan adanya saldo, saya kemudian melakukan langkah klaim BPJSTK dengan cara sebagai berikut:

  1. Mendaftar antrean online di link: https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Mengisikan data di formulir pada link di atas dan pilih lokasi kantor BPJS TK terdekat. Antrian ini selalu penuh, oleh karena itu ketika mendapati tanggal kosong, segeralah untuk memilih tanggal tersebut. Jika penuh, ulangi lagi di kesempatan lain. Bisa juga memilih kantor BJPS TK lain yang terdekat kedua dari sebelumnya.
  3. Setelah berhasil mendaftar, kita akan mendapatkan file pdf bukti antrean online.
    Contoh Antrian Online BPJSTK
  4. Cetak pdf tersebut. Perhatikan persyaratan yang harus dibawa yang tertulis di file pdf tersebut. Siapkan kartu peserta (bisa berupa print-out kartu), KTP, KK, varklaring/surat keterangan kerja, dan buku rekening. Pengalaman saya, saya menggunakan Bank BRI. Untuk NPWP, digunakan jika saldo JHT >Rp50.000.000.
  5. Datang ke hari dan waktu sesuai dengan yang didaftarkan. Petugas akan memeriksa file pdf antrian online terlebih dahulu di bagian pintu masuk. Kemudian akan memberikan formulir untuk diisi. Lalu tunggu sebentar untuk dipanggil ke loket pelayanan. Di loket pelayanan, formulir dan semua syarat akan diperiksa. Pastikan lengkap dan tidak ada yang tertinggal. Selain itu, petugas loket juga akan mengambil foto. Selesai. Total layanan tidak lebih dari 15 menit.

Demikian pengalaman saya melakukan klaim pencairan BPJS TK di Kantor BPJS TK Cilandak Jakarta Selatan. Semoga bermanfaat.

**

2 pemikiran pada “Pengalaman Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s